Kasus DBD di Ciamis hingga September 2024 Capai 1.220, Sembilan Orang Meninggal Dunia

Ilustrasi Kasus DBD. (Foto: Shutterstock).

JABARNEWS | CIAMIS – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ciamis melaporkan bahwa hingga September 2024 ada sebanyak 1.220 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD). Dari jumlah tersebut, sebanyak 9 orang di antaranya meninggal dunia.

Kabid P2P, Dinkes Ciamis Edis Herdis mengatakan bahwa pihaknya melakukan pendataan setiap bulan. Setiap puskesmas, lanjut dia, melaporkan jumlah kasus sesuai dengan endemik.

Baca Juga:  Herdiat Sunarya Minta Guru PPPK di Ciamis Jadi Suri Tauladan bagi Anak Didik

“Kenaikan dan penurunan kasus DBD untuk tahun 2024, bisa diketahui dari laporan pendataan kasus. Penanganan dilakukan secara menyeluruh sesuai dengan jumlah kasus,” kata Edis dalam keterangan yang diterima, Senin (14/10/2024).

Baca Juga:  Data Dinkes Karawang, 743 Warga Terjangkit DBD, Delapan Orang Meninggal Dunia

Dia menjelaskan, pada bulan September 2024 kemarin terjadi penuruan kasus DBD dibanding dengan bulan sebelumnya. Untuk bulan September tercatat 55 kasus dengan 2 orang meninggal.

Baca Juga:  Akibat Panic Buying, Stok Minyak Goreng di Minimarket Purwakarta Ludes

“Penurunan angka kasus DBD ini berkat kerja keras semua. Terutama penangan PSN baik oleh petugas kesehatan maupun warga masyarakat di 27 kecamatan di kabupaten ciamis. Sebab kebersihan menjadi penting terutama di daerah endemik DBD,” jelasnya.