Kasus TBC Tembus hingga 3.633, Ini yang Dilakukan Dinkes Karawang

Ilustrasi penyakit tuberkulosis (TBC). (Foto: Shutterstock).

Yayuk menyatakan bahwa pihaknya sedang melakukan berbagai upaya untuk menekan kasus tersebut. Sekretaris Daerah (Sekda) Karawang, Acep Jamhuri, menekankan pentingnya kolaborasi semua pihak dalam menanggulangi penyakit ini sebagai bagian dari komitmen bersama.

“Langkah-langkah strategis dalam penanggulangan TBC di Karawang harus terus diperkuat, terutama karena Karawang menjadi salah satu prioritas utama pemerintah pusat untuk percepatan penanggulangan penyakit TBC,” kata Acep.

Baca Juga:  Pemkab Karawang segera Lakukan Perbaikan Jalur Mudik Lebaran, Ini Titik Lokasinya

Acep juga menyoroti beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam upaya menekan kasus TBC, termasuk peningkatan akses layanan TBC yang bermutu dan berpihak kepada pasien, intensifikasi upaya kesehatan, serta peningkatan peran multisektor dalam penanggulangan TBC.

Baca Juga:  Gerebek Vaksin di Bogor, Penumpang Ikut Vaksinasi Lalu Dapat Beras dan Uang

“Penguatan sistem preventif, promotif, dan kuratif sangat diperlukan, serta keterlibatan semua pihak adalah kunci dalam membangun komitmen yang menyeluruh, bukan hanya tanggung jawab Dinas Kesehatan saja,” tambahnya.

Ia menekankan bahwa TBC bukan hanya masalah kesehatan, tetapi juga masalah ekonomi dan perilaku hidup sehat. Oleh karena itu, pihak terkait perlu memberikan edukasi dan monitoring kepada masyarakat untuk meningkatkan kesadaran mengenai pencegahan dan pengobatan TBC. (red)

Baca Juga:  Ini Penyebab Kecelakaan Mobil Pikap di Sukamantri Ciamis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News