KCD Wilayah IV Disdik Jabar Pastikan MPLS Tak Ada Perpeloncoan

Kepala KCD Wilayah IV, Dinas Pendidikan Jawa Barat, Budi Hermawan. (Foto: Dok. KCD Wilayah IV).

JABARNEWS | PURWAKARTA – Kantor Cabang Dinas (KCD) Wilayah IV, Dinas Pendidikan Jawa Barat menjamin tidak akan ada praktik perpeloncoan terhadap siswa baru saat Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

Kepala KCD Wilayah IV, Dinas Pendidikan Jawa Barat, Budi Hermawan menyatakan pihaknya telah mengeluarkan instruksi tegas kepada seluruh sekolah untuk mengawasi dan memastikan tidak ada tindakan perpeloncoan.

Baca Juga:  Tanggal Kompetisi Dimulai Tak Jelas, Pelatih Persib: Kami Bingung

“Mudah-mudahan tidak terjadi perpeloncoan, karena kami titip kepada Kepala Sekolah dan para guru. Untuk MPLS ini tidak melibatkan alumni, hanya melibatkan siswa OSIS. Jadi betul-betul ini tanggung jawab guru,” ucap Budi, pada Selasa, 16 Juli 2024.

Baca Juga:  PPDB 2022, Politisi PKB Ini Kirim Surat ‘Titip Siswa’ ke Disdik Jabar, Begini Pengakuannya

Ia menegaskan kegiatan MPLS ini harus diisi dengan kegiatan yang bersifat edukatif, kreatif, dan menyenangkan, untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang aman, nyaman, dan kondusif bagi semua siswa baru.

Baca Juga:  Ini Daftar Daerah dengan Kuota Full Maksimal pada Pelaksanaan PPDB di Jabar

“Jadi ini mengenalkan lingkungan saja. Karena kalau tidak ada MPLS kebayang nanti para siswa pas belajar, toilet ada di mana? Ke masjid ke mana? Ruang guru ada di mana? Seperti itu,” ungkap Budi.