Kesadaran Masyarakat Jadi Kunci Kota Bandung Bebas Penyakit TBC

Pemeriksaan TBC
Pemeriksaan penyakit Tuberkulosis (TBC). (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – Peningkatan kesadaran masyarakat terkait pencegahan dan pengobatan penyakit Tuberkulosis (TBC) menjadi peran kunci dalam upaya mewujudkan Kota Bandung yang bebas dari penyakit tersebut.

Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Kesehatan untuk menekan angka penularan TBC. Salah satunya, melalui edukasi Tatap Muka Edukasi Manfaat dan Guna Terapi Pencegahan Tuberkulosis (Temu TPT) bekerjasama dengan USAID Prevent TB.

Baca Juga:  Cegah DBD, Warga Kumpay Mengelar Aksi Bersih-bersih

Terdapat 6 lokasi yang tersebar di 4 kecamatan di Kota Bandung yang menjadi lokus utama pelaksanaan Temu TPT. Setelah sebelumnya dilaksanakan di UPTD Puskesmas Sukahaji dan Babakan Tarogong, kini Temu TB dilaksanakan di UPTD Puskesmas Cibaduyut Kidul, Jumat 21 Juni 2024.

Baca Juga:  JTDS 6.0 Riposte: Kisah Jack, Si Robot yang Tercipta Akibat Hancurnya Lingkungan Hidup

Ketua Tim Kerja Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Dinkes Kota Bandung Agung mengatakan berbagai upaya yang dilakukan pemerintah harus didukung dengan kesadaran masyarakat.

Baca Juga:  Awal 2022, Vaksinasi Covid-19 di Indonesa Bisa Capai 70 Persen, Ini Kata Satgas

Melalui kegiatan edukasi dan sosialisasi Tatap Muka Edukasi Manfaat dan Guna Terapi Pencegahan Tuberkulosis (Temu TPT), diharapkan masyarakat dapat semakin memahami cara pencegahan dan pengobatan TBC.