KPI ke-14, Polban Dorong Industri Pariwisata Terintegrasi dengan Kelestarian Lingkungan

Polban kembali menggelar Kompetisi Pariwisata Indonesia (KPI) ke-14 yang dihelat pada 15-17 Mei 2024. (Foto: Istimewa).

Andar menyebut, kompetisi serupa dapat dicontoh oleh kampus lain untuk mendongkrak pariwisata lokal hingga bisa dikenal di kancah Internasional.

“Bukan masalah kompetisinya, namun spirit dalam suistanable melalui gerakan bersama semakin memberikan kesadaran ada transformasi pengetahuan hingga interpretasi. Lebih penting hidden agenda yang bisa sampai kepada masyarakat, ada dampak positif yang harus terus dilanjutkan,” kata Andar.

Baca Juga:  Mulai dari Sampah, Vandalisme hingga Premanisme, DPRD Jabar Soroti Berbagai Masalah di Masyarakat

Di Jawa Barat sendiri, Andar menilai pariwisata terbilang positif. Namun, perlu dicarikan kembali alternatif destinasi sebagai daerah tujuan wisata. “Kita melihat siklus produk agar bisa terus berlangsung dengan baik dicarikan opsi tertentu melihat kebutuhan saat ini seperti apa,” tuturnya.

Di sisi lain, Sekertaris ASPERAPI (Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia) Jawa Barat, Koswara mengatakan ajang yang mendorong berkembangnya pariwisata berpeluang menggeliatkan pemeran lokal. “Ini kegiatan konsisten terutama pihak kami bersyukur banyak perubahan dan peningkatan,” ujarnya.

Baca Juga:  Diajak Relawan Untuk Jaga Lingkungan, Warga Desa Ujang Fatimah Tanam Ini

Menurutnya, dihelatnya exhibition mampu menjadi daya tarik turis untuk datang berkunjung hingga berwisata di daerah tempat pelaksanaannya. “Pameran yang unik dan memiliki ciri khas mempu menarik kunjungan hingga berskala Internasional,” kata Koswara.

Baca Juga:  Sambangi Rumah Korban Tabrak Lari, Air Mata Dedi Mulyadi Tak Tertahankan

Dia menambahkan, guna mendorong itu semua dengan melakukan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). “Melalui peningkatan SDM bisa mengukur kemampuan, terutama mahasiswa yang sekarang implementasinya diasah melalui KPI,” tandasnya. (Red)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News