KPU Ciamis Perpanjang Pendaftaran Bakal Calon Peserta Pilkada 2024

KPU Ciamis
Ketua KPU Ciamis Oong Ramdani (Foto: Istimewa).

Sisanya dua partai politik, yakni PSI dan Hanura tidak masuk, sedangkan Partai Garuda dibatalkan kepesertaannya pada Pemilu 2024.

“Partai Hanura dengan PSI sampai pukul 23.59 WIB tidak mengusulkan pasangan calon. Di regulasi itu disebutkan apabila sampai jam 23.59 WIB ada satu pasangan calon maka KPU harus melakukan perpanjangan pendaftaran,” jelasnya.

Baca Juga:  BPBD Jabar: Pengungsi Korban Gempa Sumedang Berangsur Kembali ke Rumah

Oong menyampaikan KPU Ciamis sudah mengonfirmasi kepada dua partai politik tersebut. Hasilnya, PSI menyatakan tidak memasukkan data ke Silon, sedangkan Partai Hanura tidak mendapatkan surat persetujuan dari pengurus pusat (DPP).

Baca Juga:  Duh! Seorang Bocah Ditemukan Tewas dalam Kolam Ikan di Pamarican Ciamis, Ini Diduga Penyebabnya

Berdasarkan peraturan, KPU tetap harus memperpanjang masa pendaftaran meski hanya ada dua partai politik dan jumlah suaranya juga tidak akan memenuhi syarat minimal untuk mendaftarkan pasangan calon.

Baca Juga:  Pabrik Sabut Kelapa di Ciamis Ludes Terbakar, Rugi Hingga Ratusan Juta

“Karena masih tersisa dua partai politik, meskipun suara dua partai politik tersebut tidak memenuhi syarat minimal, yaitu 55.555 suara (hanya tersisa 4.761 suara), tetapi KPU tetap harus melakukan perpanjangan,” tandasnya.