Kronologi Perahu Nelayan Terbalik di Cipatujah Tasikmalaya Bikin Merinding

Perahu Terbalik
Ilustrasi perahu terbalik. (Foto: Ist/Net).

JABARNEWS | TASIKMALAYA – Momen horor sekaligus mengerikan dialami oleh nelayan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya.

Bagaimana tidak, perahu nelayan itu terbalik setelah dihantam ombak di pintu masuk Dermaga Pamayangsari, Kecamatan Cipatujah, Selasa (13/6/2023) kemarin.

Dalam insiden tersebut tidak ada korban jiwa. Namun, akibat perahu terbalik semua hasil tangkapan ikan hanyut tidak tersisa.

Baca Juga:  Akibat Pencemaran Sampah Plastik, Kualitas Air Sungai Ciwulan dan Citanduy Tasikmalaya Jadi Buruk

Ketua DPD Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Tasikmalaya Dedi mengatakan bahwa kejadian perahu terbalik di Cipatujah sekitar jam 7 pagi.

“Ketinggian ombaknya mencapai 2 meter, kondisi perahu rusak parah. Hasil tangkapan ikan milik nelayan hanyut semua. Kerugiannya ditaksir mencapai 100 juta rupiah,” kata Dedi dikutip JabarNews.com dari harapanrakyat.com, Rabu (14/6/2023).

Baca Juga:  Prabowo Subianto akan Jadikan Pesantren Sebagai Program Utama, Ridwan Kamil Beberkan Hal Ini

Dia menjelaskan, kondisi ombak dan angin memang sedang tinggi, namun tidak terlalu besar. Tetapi memang yang nelayan bawa perahunya belum terbiasa lantaran masih baru.

Baca Juga:  Sekolah di Kota Cirebon Belum Terapkan PTM 100 Persen

Pihaknya pun berharap pintu masuk menuju dermaga diperlebar, dan dilakukan pengerukan lantaran kondisinya sudah dangkal.

“Sebenarnya itu kewenangan Provinsi Jabar, kenapa dermaganya tidak dibangun-bangun,” jelasnya.

“Karena dermaganya ini sempit. Harusnya itu pemerintah provinsi kewenangannya untuk melakukan pelebaran dan pendalaman,” pungkasnya. (Red)