Lawan Politik Uang, Bawaslu Purwakarta Kerahkan Pengawas Partisipatif

Bawaslu Purwakarta
Ratusan pemilih pemula saat dibekali pengetahuan tentang pelaksanaan Pilkada serentak Tahun 2024. (Foto: Dok. Bawaslu Purwakarta).

“Jadi kewajiban temen-teman pemilih pemula ini tidak hanya datang ke TPS untuk mencoblos, melainkan ada tugas lain yakni mengawasi pelaksanaan Pilkada bersama – sama dengan kami,” Ucap Aweng.

Ia menjelaskan, para pengawas partisipasif ini akan berkontribusi dengan Petugas Pengawas Lapangan (PPL) untuk tingkat desa, dan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk tingkat kecamatan.

Baca Juga:  Kementan Sidak Pasar Leuwipanjang Purwakarta, Ini Hasilnya

“Jika menemukan dugaan pelanggan, maka para pengawas partisipasif ini akan menginformasikan bahkan melaporkan ke jajaran kami,” Ungkapnya.

Aweng berharap, upaya untuk mewujudkan Pilkada yang bersih dan sukses merupakan tanggung jawab bersama. Sehingga, ke depan kegiatan serupa akan dilaksanakan dengan melibatkan lembaga dan elemen masyarakat yang ada di Purwakarta.

Baca Juga:  Kementerian BUMN Luncurkan Program Kebijakan Kesehatan Mental untuk Karyawan

“Kita sudah menyiapkan pengawasan partisipasif melalui forum warga, kampung pengawasan dan pojok pengawasan yang sudah dilaunchingkan awal bulan ini. Dan ini adalah bagian dari upaya kami untuk mewujudkan Pilkada Serentak 2024 di Purwakarta supaya berjalan lancar, bersih sukses tanpa akses,” tutupnya. (Gin)

Baca Juga:  Hari Menanam Pohon Indonesia, Dandim 0619 Purwakarta Ajak Masyarakat Lakukan Hal Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News