Literasi Digital Pendidikan di Bogor Bahas Perlindungan Anak di Dunia Online

Perlindungan Anak
Ilustrasi perlindungan anak di dunia online. (Foto: Ist/Net).

JABARNEWS | BOGOR – Kemenkominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi akan menyelenggarakan kegiatan Nonton Bareng (Nobar) dengan peserta berasal dari orang tua siswa. Hal ini dilaksanakan oleh Kemenkominfo untuk meningkatkan pemahaman mengenai dunia digital.

Kegiatan Nobar berbasis online yang diselenggarkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo RI) dan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan serta Pemerintah Kabupaten Bogor ini, dilaksanakan dalam bentuk Nobar untuk segmen Komunitas Wali Murid dengan judul ‘Perlindungan Anak di Dunia Online’ pada Jumat, 29 Juni 2024 pukul 08.00-12.00 di SDN Sumber Jaya 05 Kabupaten Bekasi dan sekolah masing-masing.

Baca Juga:  Intimidasi Wartawan Kembali Terjadi di Cianjur, Masalahnya Soal Penyelewengan Dana Desa

Kegiatan yang dilakukan secara offline dan online ini akan diikuti oleh ribuan peserta se-Kabupaten Bekasi dengan fokus materi terkait Etika dan Cakap digital, Aman serta Etika digital. Acara ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan tingkat Literasi Digital 50 juta masyarakat Indonesia pada tahun 2024 menuju Indonesia #MakinCakapDigital.

Baca Juga:  Diprediksi Tahun 2022, Ekonomi Kota Bandung Tumbuh 5,2 Persen

Berdasarkan hasil survey, Indeks Literasi Digital Nasional pada 2022 naik sebesar 0,05 poin menjadi 3,54 dari capaian indeks di tahun 2021. Ada tiga pilar yang meningkat, yaitu Pilar 1 (Digital Skill) naik sebesar 0,08 poin, Pilar 2 (Digital Ethics) naik sebesar 0,15 poin, dan Pilar 3 (Digital Safety) naik 0,02 poin.

Baca Juga:  Puluhan Pelajar di Bogor Gagal Tawuran Karena Ditangkap Polisi

Namun Pilar 4 (Digital Culture) menurun sebesar 0,06 poin. Pola pada pilar ini tidak mengalami perubahan dari tahun sebelumnya. Secara umum urutan pada tiap indikator memiliki urutan yang sama walaupun terdapat kecenderungan penurunan pada tiap indikator pada indikator teratas.