Macan Tutul Buat Resah Warga Gunungmanik Kuningan, Iip Hidayat akan Lakukan Ini

Kesbangpol Jabar
Pj Bupati Kuningan Iip Hidajat. (Foto: Rian/JabarNews).

“Kami memastikan pada Sabtu atau Minggu ini, macan tutul tersebut harus segera diamankan. Sehingga masyarakat tidak lagi merasa cemas,” kata Iip di Kuningan, Jumat (12/7/2024).

Dia menjelaskan sejumlah petugas gabungan dari unsur kepolisian, TNI, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), serta Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Cirebon dikerahkan untuk mengevakuasi satwa tersebut.

Baca Juga:  Longsor Kembali Tutup Jalan Selajmbe-Darma Kuningan, Polisi Beri Imbauan Ini

Tim gabungan ini, kata dia, sudah melakukan patroli dan menyisir beberapa lokasi yang menjadi titik kemunculan macan tutul di Desa Gunungmanik. Selain itu, pihaknya juga tengah menyelidiki laporan terkait adanya kemunculan macan tutul lain di wilayah Selajambe, Kuningan.

Baca Juga:  Waduh! Selama Dua Hari, Kabupaten Kuningan 18 Kali Diterjang Bencana Longsor

“Kemunculan macan tutul sejak beberapa hari lalu membuat masyarakat cemas. Hal ini juga ternyata terjadi di Kecamatan Salajambe. Kita asesmen informasinya, kemudian menangkap hewan itu agar masyarakat merasa tenang,” jelasnya.

Baca Juga:  Soal Hibar Budaya di Kuningan, Uu Ruzhanul Ulum: Bentuk Pelestarian Adat Sunda

Iip menyampaikan, macan tutul itu belum terlihat menampakkan diri hingga Kamis (11/7) malam. Meski begitu, pihak desa setempat tetap melakukan ronda untuk mengusir satwa tersebut jika muncul kembali.