MAN Purwakarta Gelar Festival Demokrasi, Ajak Pelajar Jadi Pemilih Cerdas

Kegiatan Festival Demokrasi MAN Purwakarta. (Foto: Gin/Jabarnews)
Kegiatan Festival Demokrasi MAN Purwakarta. (Foto: Gin/Jabarnews)

“Sebagai generasi penerus bangsa, siswa-siswi MAN Purwakarta harus memiliki kesadaran politik yang tinggi. Melalui Festival Demokrasi ini, kami berharap siswa dapat memahami hak dan kewajibannya sebagai warga negara, serta mampu mengambil keputusan yang bijak dalam memilih pemimpin,” ungkapnya.

Wahyudin menyebut Festival Demokrasi ini untuk meningkatkan literasi politik di kalangan siswa-siswi MAN Purwakarta, sehingga mereka dapat menjadi agen perubahan yang sadar akan hak serta tanggung jawabnya dalam mengawal demokrasi berkualitas pada Pilkada serentak.

Baca Juga:  Luncurkan Album Vaksin, Slank Bandingkan Covid-19 dengan Narkoba

“Festival Demokrasi ini dilaksanakan untuk mengedukasi dan memperkuat literasi pelajar agar ikut serta menciptakan Pilkada yang bersih dan demokrasi yang berkualitas,” ujar Wahyudin.

Baca Juga:  Hore! KPU Purwakarta Persilahkan Para Calag untuk Berkampanye, Tapi...

Terpisah, Ketua Divisi Sosialisasi dan SDM KPU Purwakarta, Oyang Este Binos mengatakan KPU mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan MPK OSIS dan keluarga besar MAN Purwakarta, yang sejak dini sudah mengajarkan tentang pentingnya demokrasi.

Baca Juga:  NasDem Resmi Dukung Yadi Rusmayadi dan Pipin Sopian dalam Pilkada Purwakarta 2024

Menurutnya, hal ini juga sejalan dengan program KPU Purwakarta bersamaan tahapan Pilkada 2024 yang sedang berlangsung. KPU memanfaatkan seluruh forum strategis untuk kepentingan sosialisasi. Banyaknya jumlah pemilih pemula, menjadikan peran pelajar penting posisinya dalam Pilkada nanti.