Munas Pertama di Lembang, API Dorong Profesionalisme Pelaku Dunia Pertunjukan

Musyawarah Nasional 1 (Munas 1) API (Asosiasi Pekerja Industri) Pertunjukan Indonesia yang berlangsung pada 10-12 Juni 2024 di Imah Seniman, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. (Foto: Istimewa).

Reza berpendapat, Indonesia, adalah negeri yang kaya akan seni budaya dengan beragam potensi kreatif yang wajib untuk dikembangkan melalui berbagai media yang juga terus berkembang seiring dengan perkembangan jaman.

“Perkembangan dunia pertunjukan terus bergulir seiring dengan beragam tingkat ekspresi dan tingkat apresiasi yang kemudian berkembang menjadi industri yang diikuti dengan meningkatnya profesionalisme para pelakunya,” harapnya.

Baca Juga:  Kendarai Vespa, Uu Ruzhanul Ulum Tinjau Pilkada di Tasikmalaya Ingatkan 3M

Maka, tegas Reza, dihidupkanlah satu ruang perkumpulan bagi pelaku dunia pertunjukan Indonesia yang dapat saling menghubungkan, saling mendukung untuk mencapai tujuan yang sama, yaitu perkembangan dan peningkatan profesionalisme pelaku pekerja dunia pertunjukan, untuk Indonesia, untuk Dunia.

Baca Juga:  Wanita di Kawasan Proyek PLTA Upper Cisokan Diberikan Pelatihan UMKM, Ini Tujuannya

“Para pelaku kreatif ini menghasilkan karya-karya terbaik dari berbagai proses yang dilewatinya. Diawali dari sebuah ide (awal) hingga riset kajian teknis produksi sampai pada aplikasinya yang nantinya dapat dipertunjukkan pada dunia,” katanya.

Baca Juga:  Lembang Park Zoo Gelar Parade dan Karnaval Satwa Meriahkan HUT RI ke-78

Lebih jauh Reza menuturkan, pertunjukan adalah sesuatu (karya yang tercipta) yang dipertunjukkan/ dipertontonkan/ dipamerkan. Pertunjukan dihidupkan oleh berbagai elemen diantaranya: Team Kreatif, Team Produksi, Team Management, Talent, Audience, Tenant, Venue, Vendor, Media, Swasta, Pemerintah.