Nikita Julia Asal Kota Sukabumi Jadi Juara Putri Budaya Intelegensia Indonesia 2024

Nikita Julia
Nikita Julia Asal Kota Sukabumi Jadi Juara Putri Budaya Indonesia 2024. (Foto: Istimewa).

“Kami disini itu bukan hanya untuk berlomba, tapi kami disini memiliki tanggung jawab dan advokasi masing-masing sesuai advokasi yang kami buat atau kami ciptakan. Ini tentunya masih berkaitan dengan pelestarian budaya yang ada di Indonesia,” ucapnya.

Niki yang masih berkuliah di Universitas Trisakti dan mengambil sertifikasi di Universitas Indonesia ini menyebut bahwa dirinya harus menguasai budaya dari Provinsi Jawa Barat.

Baca Juga:  Disabilitas Kota Sukabumi Dapatkan Sepeda Listrik Buat Jualan Kopi

Oleh karena itu, dalam ajang Putri Budaya Indonesia 2024, dia mempresentasikan permainan tradisional yang merupakan bagian dari budaya dari Jawa Barat, salah satunya permainan Cingciripit.

Baca Juga:  PSSI Tunggu Keputusan FIFA, Setelah Laporkan Tragedi Kanjuruhan

Menurut Niki, Cingciripit memiliki arti bukan hanya sebuah permainan, ternyata permainan ini memiliki makna yang sangat baik mulai dari liriknya seperti ‘Cingciripit Tulang Bajing ka Capit’ itu memiliki makna bahwa harus waspada dalam kehidupan agar tidak terjepit dalam kemiskinan atau kebodohan.

Baca Juga:  Beberapa Daerah di Jabar yang Wajib Gunakan Aplikasi MyPertamina

Alasan Niki memilih permainan tradisional dalam ajang Putri Budaya Indonesia karena, dirinya merupakan seorang relawan pengajar atau instruktur permainan tradisional. Bahkan, dia sudah mengabdi di Rumah Belajar Nusantara yang ada di Depok, Komunitas Jendela Jakarta, dan Sansang Mentor.