Pemda Provinsi Jabar Siap Bantu Kabupaten Kota Terapkan Teknologi Blockchain

Kepala Diskominfo Jabar Ika Mardiah. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – Pemda Provinsi Jawa Barat mengambil langkah terobosan dalam implementasi teknologi blockchain, khususnya pada aplikasi fitur kepegawaian.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jabar Ika Mardiah menuturkan, implementasi teknologi blockchain tersebut bertujuan untuk meningkatkan keamanan data dan informasi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Jabar.

Baca Juga:  Cek Disini! Jadwal Pemadaman Listrik di Purwakarta Senin 4 Juli 2022

“Alhamdulillah bisa (mengimplementasikan teknologi blockchain), dan ini satu-satunya yang pertama kali di Indonesia. Jawa Barat perdana gunakan blockchain untuk keamanan data dan informasi ASN di Pemda Jabar,” kata Ika dalam Podcast Juara Ngontek (Ngobrolin Teknologi) di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (7/8/2024).

Baca Juga:  Duh! Produksi Sampah di Cirebon Capai 1.200 Ton per Hari

Menurut Ika, implementasi teknologi blockchain di Lingkungan Pemda Provinsi Jabar dilakukan secara bertahap dan hati-hati. Ada berbagai tahapan yang sudah dilakukan, mulai dari seminar, penguatan kapasitas dan kapabilitas SDM, sampai pelatihan bersama ahli IT.

Baca Juga:  Tingkatkan Kepatuhan Badan Usaha, BPJAMSOSTEK Purwakarta Lakukan Ini

Implementasi teknologi blockchain yang dilakukan Pemda Provinsi Jabar dapat juga diterapkan oleh pemda kabupaten dan kota di Jabar.