Pemilu 2024, Bawaslu Purwakarta Ingatkan ASN dan Kades Soal Ini

Pemilu 2024
Ilustrasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | PURWAKARTA – Dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Purwakarta kembali mengingatkan agar Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Kepala Desa di Kabupaten Purwakarta untuk bersikap netral.

“Hari ini kami buatkan surat himbauan. Ini sebagai upaya kami untuk mengingatkan dan menegaskan bahwa ASN dan Kepala Desa harus bersikap netral di Pemilu 2024,” Ungkap Komisioner Bawaslu Purwakarta, Wahyudin, Pada Sabtu, 9 September 2023.

Baca Juga:  Sulap Eceng Gondok Jadi Kejaninan Tangan

Ia menambah, surat yang dibuatkan hari ini terkait dengan himbauan netralitas ASN dan kepala desa pada Pemilu 2024. Hal ini menjadi perhatian khusus bagi Bawaslu. Karena sekalipun memiliki hak memilih, tapi terdapat hal-hal yang dilarang bagi ASN dan kepala desa beserta perangkatnya termasuk Badan Permusyawaratan Desa pada pelaksanaan Pemilu 2024, sesuai dengan amanat perundang-undangan.

Baca Juga:  Usulkan Empat Nama Calon di Pilgub Jabar, PKS Buka Peluang Berkoalisi

“Surat himbauan ini kami akan sampaikan ke Bupati Purwakarta. Nanti Bupati yang akan menindak lanjuti surat tersebut,” Sebut Pria yang akrab disapa Aweng itu.

Baca Juga:  Mantap Betul! Beres Libur Idul Fitri, Menpan RB Tjahjo Kumolo Setujui ASN WFH

Dia menjelaskan, di UU 7 Tahun 2017 pasal 282 menerangkan bahwa pejabat negara, pejabat struktural dan pejabat fungsional dalam jabatan negeri, serta kepala desa dilarang membuat keputusan dan/atau melakukan tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu peserta Pemilu selama masa kampanye.