Pemkab Bekasi Kerahkan Tim Tangani Kekeringan di Tujuh Kecamatan Ini

Ilustrasi bencana kekeringan di Bekasi
Ilustrasi bencana kekeringan. (foto: istimewa)

JABARNEWS | BEKASI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi telah mengirimkan tim kaji cepat untuk meninjau Daerah Aliran Sungai (DAS) sebagai bagian dari upaya menangani lahan pertanian yang terdampak kekeringan di tujuh kecamatan.

Tim ini terdiri dari perwakilan berbagai perangkat daerah, termasuk BPBD Kabupaten Bekasi, Dinas Pertanian, Dinas Cipta Karya, Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga, Disperkimtan, Dinas Sosial, Dinas Lingkungan Hidup, serta dinas terkait lainnya.

Baca Juga:  Herman Suherman Minta Petani di Cianjur Tanam Palawijaya saat Musim Kemarau

Perwakilan dari BPBD Kabupaten Bekasi, Ahmad Erlangga, menjelaskan bahwa pada hari ini tim kaji cepat telah melakukan peninjauan DAS di empat kecamatan yang mengalami kekeringan, yaitu Karangbahagia, Sukawangi, Cabangbungin, dan Muaragembong.

Baca Juga:  Plt Bupati Bekasi Akhmad Marjuki terkonfirmasi positif Covid-19, Begini Kondisinya

Selain itu, tim juga akan melanjutkan kajian ke tiga kecamatan lain yang juga terdampak, yaitu Sukatani, Tambelang, dan Tambun Utara.

Baca Juga:  Hilang saat Ngobeng, Seorang Pemuda Ditemukan Tewas di Sungai Citanduy Tasikmalaya

Di Kecamatan Karangbahagia, tim menelusuri beberapa aliran sungai yang menjadi sumber air bagi lahan pertanian setempat. Salah satunya adalah Sodetan Kali Ciherang yang hulunya berada di Kali Cilemahabang, serta saluran sekunder Sukatani-Karangbahagia.