Pemkab Puwakarta Raih Prestasi Lagi, Kali Ini dari BSSN RI

Tim Computer Security Incident Response Team (CSIRT) Pemkab Purwakarta (Foto: Diskominfo Purwakarta)
Tim Computer Security Incident Response Team (CSIRT) Pemkab Purwakarta (Foto: Diskominfo Purwakarta)

JABARNEWS | PURWAKARTA – Prestasi membanggakan kembali diraih oleh Pemerintah Kabupaten Purwakarta (Pemkab Purwakarta) melalui sistem keamanan informasi Kabupaten Purwakarta-Computer Security Incident Response Team (PurwakartaKab-CSIRT). Tim ini berhasil menorehkan prestasi dengan masuk dalam peringkat ke-5 dari Top 50 Tim Cyber Drill Test: Skenario Web Defacement yang diselenggarakan oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Republik Indonesia.

Baca Juga:  Durhaka Banget! Tak Terima Ditegur, Seorang Perempuan di Sukabumi Pukuli Ibu Kandung

PurwakartaKab-CSIRT dibentuk berdasarkan Keputusan Bupati Purwakarta Nomor: 491.05/Kep.438-Diskominfo/2022, dengan tujuan untuk merespons insiden keamanan komputer secara cepat dan efektif.

Hasil kerja keras tim ini diakui secara nasional melalui penghargaan dari BSSN, yang mencerminkan kekuatan dan keandalan sistem keamanan informasi yang diterapkan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Purwakarta melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Purwakarta.

Baca Juga:  Sopir Ambulans di Purwakarta Nunggak Iuran BPJS, Dedi Mulyadi Ulurkan Tangan

“Alhamdulillah, berkat kerja keras seluruh jajaran, khususnya Bidang Keamanan Informasi dan Persandian, Kabupaten Purwakarta masuk TOP #50 Tim Cyber Drill Test, dengan urutan kelima dari BSSN,” ujar Kepala Diskominfo Kabupaten Purwakarta, Rudi Hartono, Senin, 02 September 2024.

Baca Juga:  Truk Puso Tabrak Sejumlah Kendaraan di Purwakarta, Dua Orang Meninggal Dunia

Menurut Rudi, CSIRT memainkan peran penting dalam mengoptimalkan keamanan informasi di lingkungan Pemkab Purwakarta. Tim ini secara terus-menerus memantau sistem dan jaringan untuk mendeteksi ancaman atau insiden keamanan informasi sedini mungkin, sehingga tindakan mitigasi dapat segera diambil.