Pemkab Puwakarta Raih Prestasi Lagi, Kali Ini dari BSSN RI

Tim Computer Security Incident Response Team (CSIRT) Pemkab Purwakarta (Foto: Diskominfo Purwakarta)
Tim Computer Security Incident Response Team (CSIRT) Pemkab Purwakarta (Foto: Diskominfo Purwakarta)

“Ketika insiden keamanan terjadi, CSIRT bertanggung jawab untuk merespons secara cepat dan tepat. Respon cepat ini dapat membantu meminimalisir dampak dari insiden tersebut, seperti kerugian data, gangguan layanan, atau dampak reputasi,” tambahnya.

Selain merespons insiden, CSIRT juga melakukan analisis forensik, mengidentifikasi sumber insiden, hingga menyusun laporan insiden. Tim ini juga bertugas mengembalikan sistem ke kondisi normal secepat mungkin serta memastikan kerentanan yang dieksploitasi telah ditutup.

Baca Juga:  Pedagang di Pasar Limbangan Garut Mengeluhkan Soal Penurunan Daya Beli Masyarakat

“CSIRT di Pemkab Purwakarta juga dapat berperan dalam meningkatkan kesadaran keamanan informasi di kalangan pegawai dan pejabat pemerintah. Ini termasuk memberikan pelatihan, sosialisasi, dan simulasi untuk memastikan bahwa semua pihak memiliki pengetahuan yang cukup untuk mengenali dan merespons ancaman keamanan,” jelas Rudi.

Baca Juga:  Lansia Asal Serdang Bedagai Tewas Tertimpa Dahan Pohon

Selain itu, PurwakartaKab-CSIRT juga menjalin kerja sama dengan BSSN dan CSIRT lainnya untuk berbagi informasi terkait ancaman dan tren terbaru dalam keamanan siber, yang sangat penting untuk memperkuat strategi keamanan di lingkungan Pemkab Purwakarta.

Baca Juga:  Satpol PP Purwakarta Datangi Sekolah, Ada Apa?

Menurut Rudi, sistem ini berperan dalam pengembangan dan implementasi kebijakan serta prosedur keamanan informasi yang sesuai dengan kebutuhan Pemkab Purwakarta. Tim ini juga rutin mengevaluasi kebijakan yang ada untuk memastikan bahwa kebijakan tersebut tetap relevan dan efektif dalam menghadapi ancaman yang terus berkembang.