PLN dan Pemkab Kuningan Bahas Pembangunan PLTA Matenggeng

PLN dan Pemkab Kuningan Bahas Pembangunan PLTA Matenggeng. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | KUNINGAN – PT PLN (Persero) terus mengakselerasi pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT) untuk mendukung agenda transisi energi di Indonesia. Salah satu upayanya yaitu dengan menambah pembangkit listrik tenaga air (PLTA).

Saat ini, PLN tengah merealisasikan pembangunan PLTA Matenggeng yang lokasinya berada di Jawa Barat dan Jawa Tengah, tepatnya di wilayah Kabupaten Kuningan, Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Cilacap.

Baca Juga:  DPR RI Apresiasi PLN Siapkan Listrik Masa Mudik 2023

PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah (UIP JBT) sebagai Unit PLN yang akan mengelola pembangunan pembangkit ramah lingkungan tersebut mulai menjalankan koordinasi untuk berkolaborasi dan bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Kuningan yang merupakan area terluas dari wilayah pembangunan PLTA Matenggeng.

Baca Juga:  Pemkab Purwakarta Minimalisir Genangan Air di Jalur Situ Buleud

Pertemuan ini dihadiri oleh Bappeda Kab. Kuningan serta Jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan. Pertemuan ini dipimpin langsung oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Kuningan, Ir. Usep Sumirat.

Baca Juga:  Polres Serdang Bedagai Tes Urine Puluhan Sopir Angkutan Umum, Ini Hasilnya

Usep menyebut bahwa pihaknya beserta dengan seluruh perangkat daerah siap mendukung pembangunan yang akan dijalankan di Kabupaten Kuningan termasuk pembangunan PLTA Matenggeng. Terlebih lagi saat ini, di wilayah Kuningan juga sedang dibangun Waduk Matenggeng sehingga pihaknya menginginkan agar waduk tersebut dapat dimanfaatkan secara optimal.