PLN Sukses Bangun GIS 150 kV Sawangan, Potensi Selamatkan 71 Juta kWh

PLN Sukses Bangun GIS 150 kV Sawangan. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | DEPOK – PT PLN (Persero) melalui PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah (UIP JBT) berhasil menyelesaikan pembangunan Gas Insulated Switchgear (GIS) 150 kilo Volt (kV) Sawangan yang berlokasi di Kota Depok, Jawa Barat.

Selesainya pembangunan proyek tersebut ditandai dengan keberhasilan dilakukannya pemberian tegangan pertama (energize) pada 21 September 2024. Penyelesaian proyek ini akan berdampak positif terhadap distribusi beban listrik di sejumlah gardu induk khususnya di Gardu Induk 150 kV Serpong, Kota Tangerang Selatan.

Baca Juga:  Begini Cara Warga di Cianjur Pasang Antena untuk Tangkap Siaran TV Digital

PLH General Manager PLN UIP JBT, Senior Manager Operasi Konstruksi 2, Rifki Santoso menjelaskan bahwa sebelum GIS 150 kV Sawangan selesai dibangun, trafo di Gardu Induk 150 kV Serpong sering mengalami overload beban. Oleh karena itu, demi keandalan serta meminimalisir terjadinya gangguan kelistrikan, PLN mendirikan GIS 150 kV Sawangan.

Baca Juga:  Dihadapan Delegasi AAF 2024, Bambang Tirtoyuliono Beberkan Potensi Investasi di Kota Bandung

“Karena saat ini permintaan kebutuhan listrik kian meningkat, maka ada beberapa penyulang dan trafo kami yang mengalami overload beban. Oleh karena itu, untuk memecah beban tersebut, kami bangun GIS Sawangan. Alhamdulillah kini telah rampung dan dapat beroperasi melayani kebutuhan masyarakat,” jelas Rifki.

Baca Juga:  Mulai dari Air hingga Sandang, JQH PWNU Jabar Distribusikan Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

Sementara itu, lebih lanjut, Manager Unit Pelaksana Proyek Jawa Bagian Tengah 1, Nugroho Budi Sulaksono menjelaskan pengoperasian GIS 150 kV akan mampu menurunkan biaya pokok produksi (BPP) hingga 23%.