Polban Lakukan Penelitian dan PKM di Cihanjuang Bandung Barat, Petakan Wilayah Rawan Longsor

Polban
Polban Lakukan Penelitian dan PKM di Cihanjuang Bandung Barat. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – Politeknik Negeri Bandung (Polban) melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (PKM) di daerah rawan longsor yang terletak di Kelurahan Cihanjuang, Kecamatan Parompong, Kabupaten Bandung Barat. Kegiatan ini beranggotakan empat orang dosen jurusan teknik sipil yaitu Mulyadi Yuswandono, Hendry, Agus Suyono, Ery Radya Juarti, dan Yullianty Noorlaelasari.

Baca Juga:  Blusukan ke Bandung Barat, Gibran Rakabuming Raka Bagikan Susu dan Buku

Ketua Tim Pengusul Dewi Amalia mengatakan bahwa penelitian ini dilakukan untuk mengaplikasikan pemanfaatan ruang dan model pengelolaan lahan berpotensi longsor di Kelurahan Cihanjuang, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat.

Baca Juga:  Pendaftaran Jalur Tahfidz Quran Jadi Favorit saat PPDB di SMAN 2 Lembang

“Setelah kami melakukan penelitian disana, ternyata lereng-lereng itu termasuk sangat kritis ketika terjadi gempa. Dia akan longsor ketika terjadi gempa,” kata Dewi saat dihubungi JabarNews.com, Sabtu (7/9/2024).

Baca Juga:  Longsor Terjang Badan Jalan Garut-Tasikmalaya, Arus Lalulintas Terhambat

Dia menjelaskan bahwa secara fakta di lapangan pihaknya menemukan banyak sekali bangunan-bangunan yang sudah ada keretakan di sekitar lereng. Bahkan, pinggir jalan Cisasawi sudah mengalami longsor yang kemudian diperbaiki dengan cara bronjong oleh masyarakat.