Polres Purwakarta Gelar Gebyar Operasi Keselamatan Lodaya 2018

JABARNEWS | PURWAKARTA – Kepolisian Resort (Polres) Purwakarta menggelar Gebyar Operasi Keselamatan Lodaya 2018 Polres Purwakarta, Pos Lantas Simpang Taman Pembaharuan, Jalan Baru Kabupaten Purwakarta.

Kapolres Purwakarta AKBP, Dedy Tabrani mengatakan, Operasi ini akan berlangsung selama 21 hari, mulai Senin (05/03/2018) hingga Minggu (25/03/2018) menadtang. Dedy menjelaskan operasi keselamatan 2018 ini, dulunya bernama Operasi Simpatik dan kini ada perubahan jadi Oprasi Keselamatan.

Baca Juga:  Duh! Puluhan Korban Banjir Subang Ngungsi di Bawah Jembatan Pamanukan

“Oprasi ini bertujuan untuk menertibkan pengendara dan meminimalisir angka kecelakaan serta memberi edukasi kepada masyarakat,” ujar Dedy, Senin (5/3/2018)

Ditemui ditempat yang sama, Kasat Lantas Polres Purwakarta, AKP Rizki Adi Saputro mengatakan, dalam oprasi ini tindakan tak hanya berupa penilangan, tetapi polisi juga akan mengedepankan teguran dan imbauan, yang bersifat pencegahan.

“Intinya bukan cari tilang sebanyak-banyak. Tapi menumbuhkan rasa kesadaraan masyarakat tentang berlalulintas. Jangan sampai peraturan yang sudah ada menjadi terabaikan,” ujar Rizki.

Baca Juga:  Pengamat Politik Unikom: Pelaksanaan Kampanye Daring Kurang Efektif

Lanjut dia, tilang baru akan diberlakukan bila pelanggarannya sudah parah. Pelanggan yang menjadi prioritas di antaranya adalah tidak memakai helm, knalpot racing, kendaraan rakitan, plat nomor yang bermasalah, melawan arus, tidak memakai sabuk pengaman, menggunakan HP saat berkendara, berkendara belum cukup umur, serta berboncengan lebih dari satu.

Baca Juga:  Peduli Pendidikan, HMI Cabang Cianjur Go To School

“Sebanyak 20 persen dilakukan penindakan, pelanggaran yang menonjol, yang berpotensi mengakibatkan kecelakaan akan langsung ditindak,” papar Polisi dengan Balok Tiga dibahunya.

Operasi Keselamatan ini melibatkan beberapa intansi seperti Subdenpom Purwakarta, Jasa raharja, Personil Satlantas,Srikandi Biru, Dinas Perhubungan dan Polisi Keamanan Sekolah (PKS), Polisi Siswa dan Pramuka Saka Bhayangkara. (Gin)

Jabarnews|Berita Jawa Barat