Polres Purwakarta Lakukan Latihan Pengamanan Pilkada 2024

Pelaksanaan Latihan Simulasi Penanganan Konflik Sosial dan Sispamkota. (Foto: Dok Polres Purwakarta).

JABARNEWS | PURWAKARTA – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 27 November 2024 mendatang, Polres Purwakarta menggelar latihan Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) dalam rangka mengantisipasi terjadinya konflik saat pra-pemilu hingga pasca-pemilu di Lapangan Mapolres Purwakarta, Pada Senin, 5 Agustus 2024.

Kapolres Purwakarta, AKBP Lilik Ardiansyah melalui Kasat Samapta, AKP Novian Yuga Prama mengatakan bahwa kegiatan latihan tersebut dilaksanakan sesuai dengan instruksi pimpinan untuk mempersiapkan personel dalam rangka pengamanan pesta demokrasi.

Baca Juga:  Hadapi Resesi 2023, Pemkot Bandung Tidak Akan Ganggu Pertumbuhan Ekonomi di Kota Kembang

“Kegiatan latihan sispam kota merujuk pada jukrah (petunjuk dan arahan) dari pimpinan dalam rangka mempersiapkan personel Polres Purwakarta dalam melaksanakan kegiatan rangkaian pengamanan pesta demokrasi Pemilu dan Pemilu kepala daerah 2024,” ucap Yuga, pada Senin, 5 Agustus 2024.

Baca Juga:  Gerindra Ingin Kader Internal Partai Maju di Pilwakot Bogor 2024, Siapa Sosoknya?

Ia mengungkapkan bahwa beberapa hal yang disimulasikan dalam peragaan Sispam kota tersebut, antara lain kegiatan pengamanan kampanye, masa tenang, penyampaian hak suara, pengawalan kotak suara, dan pengamanan gedung penyelenggara Pemilu, yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU) serta Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu).

Baca Juga:  Tuti Ruswati Minta Anggota PPS di Sumedang Bekerja Secara Profesional

“Hal ini dilakukan dengan maksud agar seluruh personel Polres Purwakarta dari tingkat bawah sampai tingkat atas mengetahui tugas dan tanggungjawabnya, siapa berbuat, apa, dan siapa bertanggung jawab kepada siapa. Dengan demikian, semua tugas-tugas yang diberikan dapat dilaksanakan dengan baik,” Jelas Yuga.