Pramuka Bantu Sosialisasi Dan Awasi Pilkada

JABARNEWS | PURWAKARTA – Partisipasi dari organisasi Pramuka untuk ikut aktif dalam pengawasan pemilu akan sangat membantu, demikian diungkapkan Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Purwakarta, Oyang Este Binos, pada kegiatan Focus Group Discussion (FGD) atau Diskusi kelompok terarah, di Hotel Grand Situ Buleud, Purwakarta, Selasa (15/5/2018) Sore.

Baca Juga:  Berharap Pada Jokowi Bawa Pulang Bendera Kerajaan Cirebon Sunan Gunung Djati

“Latar belakangnya kita anggap perlu adanya banyak pihak ikut serta dalam pengawasan pemilu. Nah Pramuka ini kan struktur organisasinya sudah jelas, kualitas SDM nya, modal sosialnya ada, intergritas, kemandirianya juga ada karena pelatihanya sudah sering. Jadi kita lihat memang akan sangat membantu peran Pramuka ini,” jelasnya.

Baca Juga:  Santriwati di Sukalarang Sukabumi Hilang, Temannya Ungkap Pesan Terakhir Elsa Julianti, Dibawa Kabur Angkot?

Dalam kaitan teknis, keterlibatan Pramuka dalam membantu Panwaslu, Binos menyebutkan, ada 3 hal utama yang menjadi prioritas.

“Pertama kita libatkan Pramuka dalam sosialisasi pemilu partisipatif ke masyarakat, Kedua kita beri ruang seluasnya kepada Pramuka untuk melapor jika ada dugaan pelanggaran dalam pemilu dan ketiga, termasuk pada waktunya kita siagaan Pramuka pada saat proses pungut dan hitung suara,” ujarnya.

Baca Juga:  Mantap… Kopi Jabar Mendunia, Nilai Ekspor Capai 40 juta dollar AS

Untuk poin ketiga Binos mengaku, masih mengkalkulasikan kemungkinan di tempatkanya anggota Pramuka di tiap Tempat Pemungutan Suara di seluruh Purwakarta.

“Kalau untuk disiagakan di tiap-tiap TPS kita masih lihat-lihat dulu,” ucapnya. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat