Program TJSL PLN Bantu Warga di Sekitar Proyek PLTA UCPS Kembangkan UMKM

PLN
Program TJSL PLN Bantu Warga di Sekitar Proyek PLTA UCPS Kembangkan UMKM. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah (UIP JBT) resmi menyalurkan bantuan bagi pelaku UMKM di Kecamatan Cipongkor dan Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat.

Kedua kecamatan tersebut adalah merupakan sebagian dari area proyek PLTA Upper Cisokan Pumped Storage (UCPS). Bantuan ini sendiri adalah bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN yang bernama PLN Peduli. Adapun bantuan yang diberikan berupa pembentukan UMKM baru, bantuan peningkatan peralatan bagi UMKM

Baca Juga:  Pengembangan UMKM oleh Pemprov Jabar Hanya Sebatas Kuantitas, Pengamat Ekonomi: Evaluasi!

Bantuan yang diberikan PLN berupa pembentukan UMKM baru dan juga pelatihan bagi para pelaku UMKM. Selain itu, bantuan peningkatan kualitas peralatan juga diberikan kepada UMKM yang juga telah dibentuk sebelumnya.

Baca Juga:  Bacaleg Asal Cianjur Ini Berikan Edukasi Literasi Pada Pelaku UMKM, Ini Tujuannya

Bantuan ini dimaksudkan agar UMKM tersebut dapat meingkatkan kelasnya atau biasa disebut sebagai “UMKM Naik Kelas”. Sedangkan pelatihan yang diberikan berupa pelatihan peningkatan kualitas produksi, peningkatan pengembangan pemasaran, pencatatan keuangan sederhana, hingga branding.

Baca Juga:  Polwan Polres Purwakarta Terus Lakukan Trauma Healing kepada Para Pengungsi Gempa Cianjur

Perwakilan kelompok UMKM Silegit (kelompok UMKM yang mendapatkan bantuan PLN Peduli), Siti Muniroh menyampaikan apresiasinya dengan adanya bantuan ini. Menurutnya, saat ini UMKM di Kecamatan Cipongkor dan Kecamatan Rongga masih banyak yang membutuhkan dukungan agar dapat terus berjalan.