Ridwan Kamil Sebut Pembangunan Tol Cisumdawu Sudah Hampir 100 Persen, Benarkah?

Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melaksanakan Kunjungan Kerja bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia mengenai Penjelasan Proyek Strategis Nasional (PSN) di Jabar dilanjutkan Penanaman Pohon di Pinggir Jalan Tol di Kantor KCJT View GT, Kabupaten Sumedang, Jumat (23/6/2023). (Foto: Biro Adpim Jabar).

Melalui jalan tol, distribusi logistik antardaerah akan lebih cepat dan menciptakan multiplier effect yang nyata dirasakan masyarakat.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Tol Cisumdawu merupakan salah satu PSN yang penting di Jabar karena jadi penghubung ke Bandara Internasional Jawa Barat (Kertajati).

Baca Juga:  Video: Hasil Survey, Dedi Mulyadi Pesaing Berat Ridwan Kamil di Pilgub Jabar 2024

“PSN (di Jabar) selain jalan tol juga ada tujuh bendungan. Kemudian juga beberapa proyek lain termasuk pengembangan kawasan-kawasan. Pelabuhan Patimban (Rebana) juga terus didorong,” kata Airlangga.

Baca Juga:  Milenial Bergerak Bandung Kompak Dukung Gibran Jadi Cawapres

Jika sudah selesai 100 persen, Tol Cisumdawu akan membentang sepanjang 61,75 kilometer menghubungkan Cileunyi, Kabupaten Bandung dengan Dawuan, Kabupaten Cirebon.

Baca Juga:  Ini Dasar Hukum Pembentukan Badan Pengelola Cekungan Bandung

Tol Cisumdawu akan jadi akses cepat menuju Bandara Kertajati. Dari Cileunyi ke Kertajati nantinya hanya akan memakan waktu 1 jam dibanding kalau lewat jalan biasa 3-4 jam.