Rumahnya Dirubuhkan, Warga Purwakarta Ini Tersenyum Lega

Perubuhan rumah Mang Ayi, warga Purwakarta yang sudah tidak layak huni untuk dibangun kembali agar lebih layak huni dalam program bedah rumah Jabar Bergerak
Perubuhan rumah Mang Ayi, warga Purwakarta yang sudah tidak layak huni untuk dibangun kembali agar lebih layak huni dalam program bedah rumah Jabar Bergerak (Foto: Gin/Jabarnews)

JABARNEWS | PURWAKARTA – Ayi Rosid (40), warga Kampung Patrol, Desa Bojong Timur, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta, kini mulai merasakan kebahagian dan dapat tersenyum lega. Rumah gubuk yang selama ini ia tinggali bersama istri dan empat anaknya yang masih kecil, akhirnya dibedah dan diubah menjadi tempat tinggal yang lebih layak huni.

Baca Juga:  DPRD Jabar: Perbaikan Rutilahu Masih Jadi Primadona di Masyarakat

Pria yang akrab disapa Mang Ayi ini sehari-hari berprofesi sebagai penjual kerupuk keliling. Selama bertahun-tahun, keluarganya menempati rumah yang terbuat dari anyaman bambu yang sudah lapuk dan nyaris roboh. Kondisi rumah yang memprihatinkan ini menarik perhatian sejumlah pihak untuk bergerak memberikan bantuan.

Program bedah rumah Mang Ayi ini adalah hasil kolaborasi dari Jabar Bergerak, Baznas, Gerakan Pramuka Kwarda Jabar, TNI-Polri, Pemerintah Kabupaten Purwakarta, dan Pemerintah Desa Bojong Timur. Mereka bersama-sama mewujudkan tempat tinggal yang layak bagi Mang Ayi dan keluarganya.

Baca Juga:  Komunitas Gamers Purwakarta Deklarasi Dukung Gus Muhaimin di Pilpres 2024

Ketua Jabar Bergerak Kabupaten Purwakarta, Yayang Gilang Sonjaya, menjelaskan bahwa program bedah rumah ini merupakan aksi nyata dari warga untuk warga dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat.

Baca Juga:  Sumringah, Emak Karsah dapat Rumah Baru dari Polres Purwakarta

“Sebagian yang disampaikan Ketua Jabar Bergerak Pusat, Ibu Atalia Praratya. Bahwa aksi kolaboraksi Jabar Bergerak bedah rumah sekarang ini, sebagai komitmen untuk mencari tempat yang sangat membutuhkan dan membantu masyarakat,” ujar pria yang akrab disapa Gilang itu, Sabtu (10/08/2024).