Soal Bendungan Cipanas, Ma’ruf Amin Minta Manfaatkan Potensi Curah Hujan

Ma'ruf Amin
Wakil Presiden Ma’ruf Amin. (Foto: Dok. Setwapres).

“Keberadaan bendungan memiliki peran strategis dalam mendukung kehidupan manusia dan perekonomian. Tidak hanya berfungsi sebagai sumber air baku, bendungan juga berperan penting dalam mendukung ketahanan pangan dan energi,” jelasnya.

Menurut Ma’ruf Amin, pemanfaatan bendungan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) juga menjadi bagian dari upaya pemerintah dalam rangka mendorong transisi energi menuju energi baru dan terbarukan (EBT).

Baca Juga:  Maruf Amin Sambangi Korban Gempa Cianjur, Bantuan Sudah Mengalir Hampir Rp9 Miliar

Dia mengapresiasi kerja Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono yang dalam 10 tahun terakhir pemerintahan, sudah berhasil membangun 43 bendungan dan lebih dari 1 juta hektare jaringan irigasi.

Baca Juga:  Wargi Bandung Tong Hilap! Datang Yuk ke Takjub Akbar 2023 di Sabuga Weekend Ini

“Salah satunya adalah yang sekarang kita resmikan yaitu Bendungan Cipanas ini yang merupakan usaha pemerintah meningkatkan pengelolaan air dan menjaga ketahanan pangan negeri ini,” bebernya.

Baca Juga:  Jadwal Pemadaman Listrik di Purwakarta Hari Ini

Ma’ruf Amin menyampaikan, Bendungan Cipanas akan menyediakan berbagai fungsi pemenuhan kebutuhan masyarakat, mulai dari sumber irigasi pertanian, sumber air baku, pengendali banjir dan pembangkit listrik.