Soal Kebakaran TPS Liar di Kawasan Limo, Warga Curiga Ada Unsur Kesengajaan

Ilustrasi kebakaran di tempat pembuangan sampah
Ilustrasi kebakaran di tempat pembuangan sampah. (foto: istimewa)

“Biasanya api hanya digunakan untuk mengurangi volume sampah, tapi kali ini apinya membesar hingga menimbulkan kebakaran besar,” jelasnya.

Warga sekitar sebelumnya telah menggelar aksi dengan menutup akses menuju TPS liar tersebut untuk menghentikan truk-truk pengangkut sampah dari membuang muatan di sana. Namun, kebakaran justru terjadi tak lama setelah itu.

Baca Juga:  Prakiraan Cuaca Wilayah Jabodetabek Hari Ini, Bogor Hujan, Bekasi Cerah

Rizki menduga kebakaran kali ini sengaja dipicu dengan tujuan tertentu. “Ada indikasi ini disengaja, mungkin untuk memaksa pembongkaran pembatas agar truk pemadam bisa lewat. Saat pembatas dibongkar, justru terlihat pelaku TPS liar senang,” ungkapnya.

Baca Juga:  Persib Lepas Ezechiel ke Bhayangkara FC, Ini Alasannya

Asap tebal yang dihasilkan oleh kebakaran menimbulkan dampak signifikan bagi warga sekitar. “Banyak warga yang batuk-batuk akibat asap. Radius terdampak mencapai sekitar 3 kilometer, dan jumlah warga yang merasakan dampaknya lebih dari 2.500 orang,” ujar Rizki.

Baca Juga:  Pasca Kecelakaan Maut, Begini Tanggapan PT KAI Daop I

Kebakaran ini menambah deretan insiden serupa di TPS liar tersebut, yang semakin mengkhawatirkan warga terkait polusi dan kesehatan lingkungan di sekitarnya. (red)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News