Soal Temuan Kecurangan Pendaftaran PPDB, Disdik Jabar Tegaskan Hal Ini

Kadisdik Jabar
Plh Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat Mochamad Ade Afriandi. (Foto: Rian/JabarNews).

JABARNEWS | BANDUNG – Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat terus melakukan penelusuran terkait banyaknya temuan dugaan kecurangan dalam proses pendaftaran PPDB 2024 tahap pertama.

Plh Kadisdik Jabar Ade Afriandi mengatakan bahwa pihaknya akan langsung mendiskualifikasi calon siswa baru yang berani melakukan tindakan curang pada proses PPDB tahap kedua.

Baca Juga:  Lewat Senam Juara, Ini Cara Cadisdik Wilayah VII Ciptakan Pelajar Sehat

“Jadi untuk tahap kedua ini, sistem anulir (diskualifikasi) masih akan kita berlakukan. Jika ada temuan laporan kecurangan saat PPDB, akan langsung kami tindak lanjuti,” kata Ade, Rabu (26/6/2024).

Baca Juga:  Bey Machmudin Dorong TPPAS Lulut Nambo Beroperasi Akhir Tahun Ini

Dia menjelaskan bahwa pada tahap dua, pihaknya membuka sistem pendaftaran melalui jalur afirmasi seperti berkebutuhan khusus, perpindahan orang tua, dan jalur prestasi. Pihaknya akan terus melakukan pengawasan agar tidak ada kecurangan saat proses PPDB berlangsung.

“Kalau bicara kuota di tahap dua, itu hanya sisa dari 100 persen. Kemarin tahap pertama sudah 65 persen, berarti sekarang tinggal 35 persen atau sekitar 140 ribu lebih. Itu untuk daya tampung baik ke SMA maupun SMK negeri,” jelasnya.

Baca Juga:  Disdik Jabar Angkat Bicara Terkait Aksi Unjuk Rasa di SMAN 4 Depok