Terminal Cicaheum Dicanangkan Jadi Depo BRT Bandung Raya

Terminal Cicaheum, Kota Bandung. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – Terminal Cicaheum, Kota Bandung dicanangkan menjadi Depo Bus Rapid Transit (BRT) Bandung Raya yang ditargetkan mulai beroperasi pada 2026 atau 2027.

Kepala Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Jawa Barat Muhammad Fahmi mengatakan bahwa ke depan seluruh bus antarkota antarprovinsi (AKAP) dan antarkota dalam provinsi (AKDP) akan dialihkan seluruhnya menuju Terminal Leuwipanjang.

Baca Juga:  Puskaji LPPM Unisba Soroti Toleransi Beragama di Indonesia

“Terminal Cicaheum itu akan menjadi depo kendaraan bus listrik yang mempunyai fasilitas Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan kemudian juga konsepnya Transit Oriented Development (TOD). Jadi bukan hanya depo, tapi juga ada fasilitas-fasilitas untuk publik,” kata Fahmi di Bandung, Rabu (24/7/2024).

Baca Juga:  RSKB-RSOP Ciamis Layani Konsultasi Gratis Dalam Kegiatan Germas

Dia menjelaskan untuk penghentian operasional Terminal Cicaheum secara penuh masih dalam tahap kajian bersama Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat dan Kota Bandung. Sebab, program peralihan transportasi massal perkotaan menjadi BRT Bandung Raya ini diperkirakan akan tuntas pada tahun 2026.

Baca Juga:  Pesta Kembang Api Warnai Detik-detik Malam Penggantian Tahun di Danau Toba

“Kalau kepastian waktu kapan penutupannya ya. Sampai saat ini juga kami terus berdiskusi dengan teman-teman dari Pemprov Jabar terkait persiapan dan perencanaan, termasuk mensosialisasikan terlebih dahulu,” jelasnya.