Urgensi Peremajaan Infrastuktur PDAM Purwakarta

PDAM Purwakarta
Fasilitas milik PDAM Purwakarta. ( foto: istimewa)

JABARNEWS | PURWAKARTA –  Jika diibaratkan kendaraan, kondisi infrastruktur PDAM Purwakarta, khususnya pipa-pipa distribusi air, sudah seperti mobil jadul yang usianya sudah renta, sering mogok. Bikin pusing pemilik kendaraan, karena keluhan tiada henti.

Bagaimana tidak, saat ini kondisi pipa-pipa jaringan distribusi air pada BUMD milik Pemda Purwakarta dengan nama Perumda Air Minum Gapura Tirta Rahayu itu rata-rata sudah berusia diatas 35 tahun. Padahal, untuk pipa-pipa air bersih batas pemakaian maksimalnya hanya 25 tahun.

Baca Juga:  Ini 4 Kandidat Calon Diretur Utama RSUD Bayu Asih Purwakarta

Kepala Bagian Perencanaan Dan Pengembangan Teknis Perumda Air Minum Gapura Tirta Rahayu Purwakarta, Maha Dewi, mengungkapkan bahwa sejumlah infrastruktur PDAM yaitu jaringan Sistem Penyedia Air Minum (SPAM) berstatus sangat mendesak untuk peremajaan.

Baca Juga:  Menikmati Keindahan Alam Di Tempat Wisata Pantai Batu Naga Sukabumi

“Sebut saja, SPAM Ubrug Jatiluhur yang dibuat pada tahun 1984. Yaitu, IPA Ubrug yang kondisi infrastrukturnya perlu peremajaan, begitu pula dengan pipa distribusinya yang masih menggunakan pipa ACP yang usia teknisnya sudah usang. Belum lagi SPAM Cilembangsari Bojong yang dibangun pada tahun 1979, usianya lebih dari 40 tahun,  harus segera diremajakan,” ujar Maha Dewi, kepada awak media, belum lama ini.

Baca Juga:  Ini Tahapan Penataan Kawasan Kalimalang, Akan Ada Jembatan Ikonik