Urgensi Peremajaan Infrastuktur PDAM Purwakarta

PDAM Purwakarta
Fasilitas milik PDAM Purwakarta. ( foto: istimewa)

Ia juga mengungkapkan, ada juga infrastruktur jaringan yang terbilang usianya masih muda yaitu SPAM Sadang yang dibangun pada tahuan 2018 lalu. Namun, SPAM tersebut melayani sekitar 18.000 pelanggan di wilayah perkotaan.

“Oleh karena itu, untuk memaksimalkan layanan pelanggan, upaya peremajaan infrastruktur adalah sebuah keharusan yang mendesak. Tentu saja, selain pemerintah daerah, dalam hal ini masyarakat atau pelanggan air juga harus ikut berkontribusi atau setidaknya mengambil peran dalam permasalahan ini, contohnya dengan membayar tagihan air tepat waktu,” sambungnya.

Baca Juga:  Mengenal Sosok Akiat Sang Juara Dunia Layangan dari Kota Bandung

Maha Dewi juga mengungkapkan, ia dan jajaran Perumda, belum lama ini juga telah mengikuti Rapat Evaluasi dan Kinerja Perumda Air Minum Gapura Tirta Rahayu bersama Penjabat Bupati Purwakarta Benni Irwan dam Pelaksana Harian Sekda Purwakarta Agung Darwis.

“Dalam agenda tersebut, juga dibahas terkait aspek sumber daya manusia, tarif dasar dan tarif penuh yang berdasarkan pada Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor 610/Kep.374-Rek/2023 tentang Penetapan Tarif Batas Atas dan Tarif Bawah Air Minum pada Badan Usaha Milik Daerah Air Minum di Daerah Provinsi Jawa Barat Tahun 2024,” ujarnya.

Baca Juga:  SIM Keliling Purwakarta Hari Ini Ada Disini

“Dalam evaluasi itu, Pak Pj. Bupati juga berharap PDAM dapat terus mewujudkan perbaikan kinerja dan dapat menjalin sinergitas positif antara Pemerintah Daerah, PDAM dan Swasta, dan terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Purwakarta khususnya dalam ketersediaan sumberdaya air bersih,” tambah Riana.

Terpisah, Ketua Forum Pelanggan Perumda Air Minum Gapura Tirta Rahayu, Sakip Mahmud mengatakan bahwa saat ini, para pelanggan PDAM Purwakarta sudah ada wadah atau paguyuban pelanggan yang bisa menjadi jembatan para pelanggan dengan pihak PDAM Purwakarta.

Baca Juga:  Asik! Tunjukan KIA Dapat Promo Hingga Potongan Harga di 20 Lembaga

“Artinya, forum ini juga nantinya bisa jadi jembatan untuk pelanggan dan perusahaan dalam konteks peningkatan pelayanan kepada pelanggan air minum di Kabupaten Purwakarta,” kata Kang Sakip seraya berharap ke depan jika ada keluhan-keluhan pelanggan semua dapat ditampung di forum pelanggan. (red)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News