Usai Tes Kesehatan, Om Zein Ungkap Rencana Strategisnya di Purwakarta

Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Purwakarta, Saepul Bahri Binzein dan Abang Ijo Hapidin
Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Purwakarta, Saepul Bahri Binzein dan Abang Ijo Hapidin

JABARNEWS | BANDUNG – Calon Bupati Purwakarta, Saepul Bahri Binzein, mengungkapkan rencana strategisnya di bidang kesehatan setelah menyelesaikan tes kesehatan sebagai bagian dari persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, pada Sabtu 31 Agustus 2024.

Baca Juga:  Hari Sumpah Pemuda, Edwar Zulkarnain Beri Pesan Ini untuk Generasi Muda di Purwakarta

Pria yang akrab disapa Om Zein ini menyoroti pentingnya meningkatkan fasilitas kesehatan di Kabupaten Purwakarta, terutama dalam memperluas layanan rawat inap di puskesmas-puskesmas.

“Sementara baru beberapa puskesmas yang sediakan fasilitas rawat inap. Sehingga menyebabkan penumpukan di RSUD Bayu Asih. Padahal idealnya penyakit-penyakit semisal flu, batuk, tipes dan penyakit tergolong ringan lainnya, cukup ditangani puskesmas,” kata Om Zein, dikutip dari PRFM, Minggu (1/9/2024).

Baca Juga:  Kemenag Purwakarta Lakukan Pembinaan Moderasi Beragama di Madrasah Aliyah

Menurutnya, kondisi ini menyebabkan overload pada rumah sakit umum daerah tersebut, yang seharusnya bisa dihindari jika puskesmas memiliki kapasitas yang memadai.

Baca Juga:  Kabupaten Bogor Dimekarkan, KPU Tengah Siapkan Skenario Komposisi DPRD

Om Zein juga menjelaskan bahwa jumlah kamar rawat inap di puskesmas nantinya akan disesuaikan dengan tingkat kepadatan penduduk di masing-masing wilayah.