Wajah Baru Dominasi Kursi DPRD Kabupaten Bekasi, Ini Anggota Termuda

DPRD Kabupaten Bekasi
Kantor DPRD Kabupaten Bekasi. (Foto: Palapapos).

Adelia Paramitha Kardin dan Rudi Rafli, keduanya berasal dari Partai Golkar, adalah contoh dari politisi muda yang berhasil masuk ke DPRD.

Ada juga Rimulga Khatami Muhammad Daeng dari Partai Amanat Nasional yang berusia 27 tahun, Dendy Aprijal dari Partai Kebangkitan Bangsa yang berusia 28 tahun, serta Mutakim dari Nasdem dan Mia El Dabo dari Partai Demokrat, yang masing-masing berusia 30 tahun.

Baca Juga:  Viral! Aksi Bapak Ini Nyemplung ke Got Tuai Respon Positif Warganet

Usia rata-rata dari keseluruhan anggota DPRD terpilih ini adalah 40 tahun, dengan Ani Rukmini dari PKS sebagai anggota tertua berusia 60 tahun.

Rismanto menyatakan harapannya agar dengan banyaknya anggota baru yang berusia muda, kinerja legislatif dapat berjalan lebih efektif.

“Kehadiran banyak politisi muda dengan semangat baru diharapkan mampu meningkatkan efektivitas dalam menjalankan fungsi dewan, baik dalam pengawasan, penganggaran, maupun legislasi,” ujar Rismanto.

Baca Juga:  Terbungkus Kantung Plastik, Bayi Baru Lahir Ditemukan di Tempat Sampah di Bekasi Timur

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Ali Rido, menambahkan bahwa penetapan calon terpilih dan perolehan kursi telah dilakukan melalui rapat pleno pada 13 Juni 2024.

Dalam penetapan tersebut, Partai Golkar meraih 10 kursi, disusul oleh Partai Gerindra dan PDI Perjuangan dengan masing-masing delapan kursi.

PKS dan PKB masing-masing memperoleh tujuh kursi, Partai Demokrat empat kursi, Partai NasDem dan PAN masing-masing tiga kursi, Partai Buruh dan PPP dua kursi, serta PBB dengan satu kursi.

Baca Juga:  Sepasang Kekasih di Sukabumi Bunuh IRT Demi Harta, Ternyata Emas Imitasi

“Kami telah menetapkan 55 nama calon legislatif terpilih yang akan dilantik pada 5 September mendatang,” tutup Ali Rido.

Perubahan komposisi ini menunjukkan adanya dinamika politik yang signifikan di Kabupaten Bekasi, di mana generasi muda memiliki peran yang semakin dominan dalam pemerintahan lokal. (red)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News