World Ocean Day 2024, Satpolairud Polres Purwakarta Bebersih di Waduk Jatiluhur

Waduk Jatiluhur
Personel Satpolairud Polres Purwakarta bersama masyarakat saat bersihkan pesisir Waduk Jatiluhur. (Foto: Dok. Polres Purwakarta).

Menurutnya, kebersihan waduk Jatiluhur ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah atau instansi tertentu, tetapi juga menjadi tanggung jawab bersama seluruh lapisan masyarakat.

“Dengan adanya kegiatan ini, kami ingin mengajak semua pihak untuk lebih peduli terhadap lingkungan, terutama Waduk Jatiluhur yang merupakan sumber kehidupan bagi kita semua,” ungkap Darmaji.

Baca Juga:  Demiz Disambut Antusias Pedagang Pasar Kalijati

Selain membersihkan pesisir Waduk Jatiluhur, sambung dia, pihaknya pun memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Satpolairud Polres Purwakarta menjelaskan dampak buruk sampah plastik terhadap ekosistem dan kesehatan manusia.

Baca Juga:  Wow, Car Free Day Kota Bandung Kembali Hadir! 

“Edukasi ini diharapkan dapat mengubah perilaku masyarakat dalam menangani sampah, khususnya sampah plastik yang sering kali dibuang sembarangan. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan warga menjadi lebih sadar akan pentingnya menjaga kebersihan Waduk Jatiluhur ini.” ujarnya.

Baca Juga:  Diterjang Angin Puting Beliung, Puluhan Warung di Ujung Purwakarta Porak Poranda

Darmaji mengajak seluruh warga untuk menjaga kebersihan Waduk Jatiluhur secara berkelanjutan. Ia juga mengingatkan pentingnya tidak membuang sampah sembarangan dan memanfaatkan tempat sampah yang sudah disediakan. imbuhnya.