Yosep Putuskan Ajukan Kasasi atas Kasus Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang, Ini Alasannya

Terpidana kasus pembunuhan di Subang, Yosep Hidayah
Terpidana kasus pembunuhan di Subang, Yosep Hidayah. (foto: istimewa)

JABARNEWS SUBANG – Terpidana dalam kasus pembunuhan keji terhadap ibu dan anak di Subang, Yosep Hidayah secara resmi menyerahkan memori kasasinya ke Pengadilan Negeri Subang.

Penyerahan berkas kasasi Yosep ini nantinya akan diajukan ke Mahkamah Agung (MA) sebagai upaya hukum terakhir setelah Yosep divonis 20 tahun penjara.

Baca Juga:  Masa Tahanan Yana Mulyana Kembali Diperpanjang, KPK Segera Sidangkan Para Tersangka Penyuap Wali Kota Bandung

Pengacara Yosep, Silvia Soembarto, menyampaikan bahwa kasasi kasus Yosep ini merupakan langkah untuk membatalkan putusan yang dijatuhkan oleh pengadilan tingkat banding.

Baca Juga:  Save Cilongkrang, Komunitas dan Pemerintah Sepakat Jaga Lingkungan

Silvia menjelaskan bahwa melalui kasasi, Mahkamah Agung memiliki kewenangan untuk membatalkan putusan pengadilan jika ditemukan kesalahan dalam penerapan hukum atau pelanggaran prosedural.

Baca Juga:  Herman Suryatman: Konsorsium Pendidikan Siapkan Strategi Cetak SDM Unggul

“Mahkamah Agung dapat membatalkan putusan jika ditemukan adanya pelanggaran batas kewenangan, kesalahan dalam penerapan hukum, atau kelalaian dalam memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan oleh undang-undang,” ujar Silvia, Senin (9/9/2024).