Banggar DPRD Jabar Soroti Alokasi Anggaran Pesantren

Sidkon Djampi
Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Provinsi Jawa Barat Muhamad Sidkon Djampi. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Provinsi Jawa Barat Muhamad Sidkon Djampi berharap alokasi anggaran untuk penyelenggaraan dan pengembangan pesantren meningkat signifikan.

Perda Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Pesantren, lanjut dia, pihaknya mengkhawatirkan mengenai Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Baca Juga:  DPRD dan Pemdaprov Jabar Setujui Enam Ranperda, Ini Rincian Perdanya

Pasalnya dalam memfasilitasi Perda Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Pesantren kurang signifikan dalam memfasilitasi kurang lebih 10 ribu pesantren di Jawa Barat, Jabar merupakan provinsi dengan jumlah pesantren terbesar di Indonesia.

Baca Juga:  Jelang Pileg 2024, Anggota DPRD Jabar Ini Mulai Tarik Massa

“Saya berharap di ulang tahun Jawa Barat yang ke-79 ini, alokasi anggaran dari Provinsi Jawa Barat ini ada dan tampak terlihat serta terasa oleh pesantren-pesantren yang ada di Jawa Barat yang jumlahnya hari ini menjadi 10 ribu lebih,” kata Sidkon Djampi dalam keterangan yang diterima, Rabu (21/8/2024).

Baca Juga:  Sekwan DPRD Jawa Barat Pimpin Rapat ASDEPSI Bahas Penetapan dan Perpanjangan Penjabat Kepala Daerah

Dia mengusulkan agar sebagian dana dari anggaran pendidikan dialokasikan khusus untuk pesantren sebagai solusi untuk meningkatkan fasilitasi dan dukungan terhadap lembaga pendidikan berbasis pesantren.