Jalan Ambles di Tasikmalaya, DPRD Jabar Dorong Pemerintah Alokasikan Anggaran Tak Terduga untuk Bencana

Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Haru Suandharu. (Foto: Rian/JabarNews).

“Berikutnya alokasi anggaran untuk pemeliharaan jalan dan peningkatan jalan-jalan antar kota kabupaten perlu dialokasikan cukup, berikut kualitas jalan yang memadai. Maksudnya jalan-jalan yang perlu di beton, harus dibeton tidak bisa dengan aspal,” jelasnya.

“Perlu ada perencanaan terpadu antara jalan milik pusat, provinsi dan Kota/Kabupaten. Sehingga terjadi peningkatan layanan jalan dari tingkat pusat, provinsi hingga Kota/Kabupaten,” imbuhnya.

Baca Juga:  Wah! Ada Kelebihan Pembayaran Gaji ASN Hingga Rp1,4 Miliar, DPRD Jabar Minta Pemprov Segera Lakukan Evaluasi

Hal tersebut bisa dilakukan jika Pemerintah pusat dan Provinsi duduk bersama untuk merumuskan kembali anggaran sehingga skala prioritas yang di butuhkan masyarakat bisa di dahulukan.

Baca Juga:  Ini Penjelasan DPRD Jabar Soal Pengelolaan Limbah B3

“Pemerintah Pusat dan Provinsi perlu kembali merumuskan alokasi anggaran Dana Alokasi Khusus, Dana Transfer Daerah, Bantuan Keuangan lebih proporsional, agar pembangunan infrastruktur jalan bisa lebih merata. Terutama untuk peningkatan kualitas jalan antar kota kabupaten, pemeliharaan dan penanggulangan bencana,” paparnya.

Baca Juga:  DPRD Jabar Tegaskan Raperda RPPLH Tidak Hanya Urusi Sampah

Bakal Calon Gubernur Jawa Barat, Haru Suandharu pun menegaskan, konektifitas jalan, yang terhubung memberikan banyak manfaat, tidak hanya untuk masyarakat namun juga untuk peningkatan ekonomi daerah.