Wagub: Gerakan Pramuka Harus Menjadi Wadah Pendidikan Karakter

JABAR NEWS | BANDUNG – Sebagai salah satu bagian dari pendidikan nasional yang bertujuan untuk membina kaum muda dalam mencapai sepenuhnya potensi yang ada. Baik spiritual, sosial, intelektual para anggotanya, gerakan Pramuka harus bisa menjadi wadah pendidikan karakter bangsa.

Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar mengatakan generasi muda khususnya anggota Pramuka harus menjadi calon pemimpin bangsa yang handal pada masa depan.

Hal tersebut dikatakannya saat melepas peserta Raimuna Nasional XI Tahun 2017 asal Jawa Barat, di Aula Barat Gedung Sate, Bandung, Jumat (11/08/2017).

Baca Juga:  Dede Yusuf Bakal Jadi Jurkam DEDDY-DEDI

“Gerakan Pramuka harus hadir sebagai wadah pendidikan karakter dan kebangsaan di kalangan kaum muda. Hal tersebut agar bangsa ini tidak kehilangan generasi yang akan berujung pada runtuhnya sebuah bangsa,” ujar Wagub.

Ia meminta Kwarda Jawa Barat untuk lebih giat agar menjadi yang terdepan di tingkat nasional dengan terus berinovasi dengan program-program kepramukaan yang lebih inovatif.

“Harus ada inovasi progam kepramukaan yang gaul, keren, up to date, kreatif dan inovatif, serta asyik, gembira dan menyenangkan. Dan juga berorientasi kecakapan dalam Satuan Karya masing-masing,” pinta Deddy.

Baca Juga:  Aher Tebar 4 Juta Ekor Ikan di Jatigede Sumedang

Kontribusi lain yang bisa dilakukan anggota Pramuka adalah melalui pengembangan tagline baru Gerakan Pramuka saat ini, yaitu “Setiap Pramuka adalah Kantor Berita”.

Diharapkan gerakan ini bisa mendorong seluruh anggota Pramuka untuk menjadi agen-agen pendidikan literasi media secara sehat dan produktif. Dengan cara aktif menyebarluaskan pesan-pesan yang bermanfaat, memerangi berita palsu, fitnah, dan ujaran kebencian.

Baca Juga:  Arteria Dahlan Gaduh Bahasa Sunda, Ridwan Kamil: Kalau Ada yang Rasis Seperti Itu...

Selain itu, Wagub juga berharap melalui ajang Raimuna Nasional tersebut, para peserta bisa memanfaatkannya untuk membangun jaringan komunikasi dan persaudaraan.

“Manfaatkan kesempatan berharga ini untuk menimba ilmu dan pengalaman, serta membangun persaudaraan dengan sesama anggota Pramuka. Jaga diri, jaga teman, dan tunjukkan potensi terbaik yang adik-adik miliki untuk mengharumkan nama baik Jawa Barat,” tegas Wagub. (Nur)

Jabar News | Berita Jawa Barat