Dear Masyarakat Purwakarta, Ini Tips Sebelum Ikut Vaksinasi Covid-19

JABARNEWS | PURWAKARTA – Selain penerapan protokol kesehatan, pemberian vaksin juga dilakukan sebagai salah satu upaya pencegahan penularan infeksi virus Corona. Ada berbagai tips seseorang yang bisa dilakukan sebelum menjalani vaksinasi Covid-19.

Kepala Puskesmas Plered, Kabupaten Purwakarta, Erna Siti Nurjanah, mengatakan, ada beberapa tips sebagai panduan umum bagi masyarakat sebelum menjalani vaksinasi Covid-19.

“Sebelum melaksanakan Vaksin masyarakat disarankan istirahat yang cukup, sarapan terlebih dahulu dan tidak dalam kondisi kelelahan. Hindari juga rasa takut berlebih agar kondisi tidak stres,” ucap Erna, pada Senin (23/8/2021).

Baca Juga:  Peringatan HPN, Ketua PWI Cianjur Ungkap Hal Ini

Dijelaskannya, bagi seseorang yang kondisi kesehatannya sedang terganggu maka disarankan vaksinasi ditunda terlebih dahulu.

“Kalau lagi sakit seperti demam lebih baik menunggu sehat baru menjalani vaksinasi,” ucap Erna.

Baca Juga:  Rupiah Hari Ini Menguat Terhadap Dolar AS Tapi Berpotensi Melemah, Karena..

Selain itu, dia juga mengajak kepada masyarakat yang kondisinya dalam keadaan sehat untuk segera menjalani vaksinasi Covid-19.

“Tujuannya, agar pandemi yang telah berjalan lebih satu tahun ini segera berakhir. Ayo kita vaksinasi di tempat-tempat terdekat,” ajak Erna.

Secara umum, menurut Erna, vaksin Covid-19 yang kini disediakan pemerintah cukup aman dan efektif untuk mencegah infeksi virus Corona.

Baca Juga:  Polisi Ketahui Keberadaan Pengelola Investasi Bodong Cianjur

Dijelaskannya, sebagaimana manfaat dari vaksin lainnya, vaksin Covid-19 bermanfaat untuk memberi perlindungan tubuh agar tidak jatuh sakit akibat Covid-19 dengan cara menimbulkan atau menstimulasi kekebalan spesifik dalam tubuh.

“Perlu diingat meski sudah divaksin Covid-19, kita direkomendasikan tetap menjalankan protokol kesehatan (prokes), yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak untuk mencegah penularan,” pesan Erna. (Gin)