Ditonton Presiden Jokowi, Persib Tundukkan Persis 2–0

JABARNEWS | Solo – Ditonton oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Persib Bandung berhasil menundukkan tuan rumah Persis Solo 2 – 0 di Stadion Manahan Solo, Sabtu (15/2/2020)

Pada laga yang bertajuk Anniversary Macth Pasoepati tersebut, kedua gol Persib dicetak pada babak pertama oleh Beckham Putra Nugraha menit ke-11 dan Zulham Zamrun menit ke-17.

Babak pertama Persib menurunkan beberapa pemin muda seperti Mario Jardel di lini belakang, Beckham Putra di lini tengah, dan Beni Oktavianto di lini depan.

Awal-awal babak pertama, pemain muda Persib Mario Jardel sudah mengancam gawang Persis Solo. Menyambut umpan lambung dari tendangan bebas Fabiano Beltrame, Jardel menyambutnya dengan tendangan firts time yang mengarah ke gawang Persis.

Namun tendangannya dapat ditepis kiper Persis, Sandri Johansyah. Dan hanya menghasilkan tendangan penjuru bagi Persib.

Gol Persib tercipta menit ke-11. Bermula dari tendangan lambung kiper I Made Wirawan dan disambut sundulan Beni Okta, yang jatuh di belakang pemain belakang lawan.

Baca Juga:  Pemerintah Diminta Petakan Zona Secara Detail Agar Rakyat Tak Bingung

Bola berhasil dikejar dan dikuasai Beckham, lalu melakukan tendangan cop melambung melewati kiper lawan yang mencoba menutup ruang. Dan gol, 1 – 0 untuk Persib Bandung.

Lima menit kemudian, Beni Okta yang sedang menguasai bola di kotak penalti lawan, dijatuhkan oleh pemain belakang Persis. Langsung wasit mnunjuk titik putih, yang dengan tenang dituntaskan dengan baik oleh Zulham Zamrun.

Tak ada tambahan gol hingga babak pertama berakhir. Walaupun demikian,bukan tak ada peluang yang tercipta baik untuk Persib maupun bagi Persis Solo.

Pada menit ke-25 misalnya, umpan matang Gozali Siregar dari sayap kiri, tak bisa diselesaikan dengan baik oleh Beni Okta. Begitu pula tendangan Zulham Zamrun di dalam kotak penalti lawan, menit ke-34, yang dapat ditepis kiper Persis.

Baca Juga:  Berkemah Sambil Menikmati Alam Di Tempat Wisata Kiara Payung Sumedang

Bola muntah mengarah ke kaki Gozali Siregar, sayang ia terpeleset, sehingga tak bisa menendang bola dengan sempurnja, padahal berada di posisi yang baik untuk menceploskan bola ke gawang lawan.

Persis Solo pun bukan tak punya peluang untuk mencetak gol. Pada menit ke-30 misalnya, tendangan bebas kapten Persis hanya membentur palang gawang Persib yang dikawal Made Wirawan.

Lalu dua menit kemudian, tendangan penyerang Persis, Nanang Asripin, dari kotak penalti Persib dapat diblok kiper Made Wirawan.

Pada babak kedua, pertandingan tidak banyak berubah, bahkan berlangsung dalam tempo yang lebih lambat dari babak pertama.

Beberapa pemain baru yang dimasukkan kedua tim di babak kedua tidak mampu mengangkat permainan menjadi lebih cepat dan lebih menarik.

Persib memang berhasil menguasai pertandingan dan menciptakan beberapa peluang. Namun tak ada satu pun yang menjadi gol. Dua kali tendangan Erwin Ramdani misalnya, mampu ditangkap dan ditepis kiper lawan.

Baca Juga:  Belasan Nakes Positif Covid-19, Pelayanan Puskesmas Cibinong Ditutup

Beberapa kali umpan lambung pemain Persib dari sisi kiri atau kanan, tampak terlalu lemah dan kurang bertenaga, sehingga mudah dimentahkan pemain bertahan lawan atau jatuh dalam pelukan kiper lawan.

Sampai peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan ditiup wasit, kedudukan 2 – 0 untuk kemenangan Persib Bandung tidak berubah.

Bagi Persib Bandung, laga melawan Persis Solo merupakan satu dari dua laga ujicoba selama lawatannya di Jateng. Setelah Persis Solo, Persib rencananya akan melawan PSS Sleman.

Sebelum pertandingan antara Persis dengan Persib berlangsung, Presiden Jokowi meresmikan renovasi Stadion Manahan Solo, yang digadang-gadang menjadi salah satu venue pada Piala Dunia U-20 tahun 2021 mendatang. (Red)