Wow! Pasukan Indonesia Peringkat ke-7 dalam Pemeliharaan Perdamaian Dunia

PBB
Ilustrasi-Pasukan Polri dalam misi PBB. (Foto: TEMPO/Subekti).

JABARNEWS | BANDUNG – Divisi Hubungan Internasional (Divhubinter) Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menyebutkan bahwa Indonesia berada di peringkat ketujuh sebagai negara yang paling berkontribusi dalam pemeliharaan perdamaian dunia pada misi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Kepala Divisi Hubungan Internasional Polri Irjen Pol Krisna Mukti mengatakan bahwa sebagai negara kontributor pasukan terbanyak di dunia, Indonesia telah mengirimkan sebanyak 3.364 personel TNI dan Polri semenjak penugasan pada misi PBB pada tahun 1989.

Baca Juga:  Soal UFO yang Dirilis Pentagon, Ini Komentar LAPAN

“Kita semua patut berbangga karena saat ini Indonesia merupakan negara kontributor terbesar ketujuh di dunia baik polisi maupun militer dalam berbagai misi PBB,” kata Krisna di Kabupaten Bandung, Selasa (13/8/2024).

Baca Juga:  Berikut Ini Pembagian 4 Wilayah Zonasi PPDB Kota Bandung

Menurutnya, keikusertaan Indonesia dalam misi pemeliharaan perdamaian merupakan wujud dari pelaksanaan amanat yang tertuang dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 alinea keempat.

Baca Juga:  Tragis, Seorang Ayah di Kuningan Gantung Diri Ditemukan Anaknya

“Hal ini merupakan implementasi dari amanat UUD 1945 Indonesia karena ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan perdamaian abadi dan keadilan sosial,” bebernya.