Cetak Wirausahawan Baru, Jokotri Mulai Program Bantuan 1000 Gerobak Di Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Seratusan emak-emak dengan air wajah sumringah menyemut di suatu sudut kampung di Kecamatan Pasawahan, Purwakarta. Ramai-ramai dari mereka nampak sibuk dengan mangkuk di tangan. Yang lain, ada juga yang sibuk dengan saus, kecap, sambal, dan cuka.

Momen tersebut hadir pada launching (peluncuran) Bakso H Darmo, UMKM binaan Dr. H. Joko Trio Suroso, Drs, SH, MH, MM, MBA, yang akrab disapa Jokotri.

Di sana, emak-emak diundang untuk mencicipi bakso yang sudah lama populer di Kota Kembang tersebut. Walaupun judulnya “mencicipi” tapi tak sedikit juga yang nambah hingga dua mangkuk. Maklum, Bakso H Darmo binaan Jokotri ini, rasanya nendang di lidah alis enak banget.

Emak-emak nampak sumeringah dapat ‘mencicipi’ Bakso H Darmo yang merupakan UMKM binaan Dr. H. Joko Trio Suroso, Rabu (28/11). [Foto: jar/jabarnews]Peluncuran Bakso H Darmo di Purwakarta, merupakan bagian dari visi Jokotri dalam meningkatkan taraf perekonomian masyarakat melalui pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Baca Juga:  Antisipasi Teroris, Pendatang Disisir

Jokotri mendorong lahirnya usahawan-usahawan baru, yang pada gilirannya menjadi motor penggerak perekonomian bangsa. Dengan merogoh dari kocek pribadinya, Jokotri memprogram 100 bantuan gerobak untuk warga di Karawang dan Purwakarta, yang mau berjibaku di dunia usaha. Untuk target jangka panjang, Jokotri berambisi mengembangkan hingga 1000 bantuan gerobak gratis.

Usai sukses pada peluncuran di Karawang bulan lalu, hari ini Rabu (28/11), Jokotri meluncurkan Bakso H Darmo di Purwakarta, yang menyasar sebanyak tiga wirausahawan baru. Mereka mendapatkan bantuan gerobak dan semua peralatan untuk berdagang bakso yang disalurkan secara gratis.

“Alhamdulilah, hari ini di Purwakarta, saya dapat kembali memberikan bantuan sebanyak tiga gerobak dan peralatan lainnya untuk wirausahawan baru agar dapat berbisnis bakso. Ini merupakan sebentuk ikhtiar saya dalam meningkatkan taraf perekonomian masyarakat melalui pemberdayaan UMKM,” ujar Jokotri, yang merupakan Calon Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari PDI Perjuangan nomor urut 2.

Baca Juga:  Selain Ikatan Cinta, Ini Daftar Sinetron Fenomenal di Tanah Air

Dr. H. Joko Trio Suroso, Drs, SH, MH, MM, MBA, [foto: jar/jabarnews]Pria yang berprofesi sebagai dosen, pengusaha, konsultan, dan pengacara itu berharap agar bantuan yang diberikannya dapat bermanfaat bagi para penerima, bagi lingkungan, dan bagi masyarakat. Jokotri berpesan agar wirausahawan baru untuk pantang menyerah dalam berbisnis, meski prosesnya harus dilalui dengan jatuh bangun.

“Tekun berusaha, pantang menyerah, Insya Allah hasilnya akan berbuah manis. Mudah-mudahan sukses, berguna bagi lingkungan dan masyarakat. Sehingga nantinya dapat membantu saudara-saudara kita, mereka yang masih kurang beruntung yang ada di sekitar kita,” ujar Jokotri.

Seorang penerima bantuan, Elisa (26) mengatakan, sangat bangga dengan visi Jokotri yang mendorong lahirnya usahawan-usahawan baru. Elisa memandang visi Jokotri tersebut sangatlah mulia. Elisa yang sejak kecil memang bercita-cita menjadi seorang pengusaha ini, sangat berterima kasih kepada Jokotri yang sudah membantunya untuk menjalankan sebuah usaha.

Baca Juga:  Panwaslu Purwakarta Catat 100 Temuan Pilgub dan Pilbup

Calon Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Dr. H. Joko Trio Suroso dikerumni ‘emak-emak’ pada peluncuran Bakso H Darmo, UMKM binaannya [foto: jar/jabarnews]”Alhamdulilah berkat bantuan Pak Jokotri, sekarang saya dapat menjalankan sebuah usaha bakso, Insya Allah akan berjalan dengan baik dan sukses,” ujar Elisa diwawancari di lokasi peluncuran Bakso H Darmo.

Warga sekitar, Neneng (37) mengaku sangat senang dapat bersilaturahmi dengan Jokotri. Dari perjumpaan dengan Jokotri, Neneng menilai Jokotri merupakan sosok pemimpin yang baik, berkualitas, dan sangat aspiratif terhadap suara masyarakat.

“Senang bisa bertemu langsung. Orangnya santun, ramah, baik, pinter, dermawan, dan kasep juga. Sangat layak untuk jadi pemimpin, tahu apa yang rakyat butuhkan,” ujar ibu dua anak ini. [jar]

Jabarnews | Berita Jawa Barat