Ini Cara Mencegah Gangguan Pencernaan Agar Puasa Kamu Bisa Lancar

Sakit perut sebelah kanan bawah
Sakit perut sebelah kanan bawah (Foto: Freepik @jcomp)

JABARNEWS | BANDUNG – Masalah gangguan pencernaan kerap menyerang siapa saja. Namun, sebuah penelitian baru mengungkap bahwa perubahan perilaku protokol kesehatan Covid-19 ternyata bisa mencegah penyakit ini.

Kendati begitu, hal tersebut tetap bisa menjangkiti. Karena itu, para pakar kesehatan menyarankan tips mencegah masalah gangguan pencernaan, seperti dilansir dari laman Scottish Daily Express pada Kamis (24/3/2022).

1. Selalu Cuci Tangan
Direktur medis The Fleet Street Clinic, Richard Dawood menyebut virus, dan bakteri yang menyebabkan infeksi gastrointestinal disebarkan oleh makanan, air, atau tangan yang terkontaminasi. Sehingga dia menekankan kebersihan tangan sangat penting.

“Mengetahui apa yang telah Anda sentuh, dan pastikan untuk mencuci tangan atau menggunakan sanitiser segera sebelum memegang makanan atau memasukkan tangan ke mulut Anda,” jelas Richard.

2. Jangan Mengandalkan Hand Sanitizer
Gel hand sanitizer berguna untuk mencegah penularan Covid-19, tetapi belum tentu menghalau penyebab sakit perut. Hand sanitizer berbahan dasar alkohol tidak efektif melawan norovirus yang menjadi penyebab umum penyakit diare.