IPW Minta Polisi Dalami Sumber Uang dalam Kasus Suap ASN Bogor Terhadap Pegawai KPK Gadungan

Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso
Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso. (foto: istimewa)

“Modus operandi yang dilakukan adalah dengan menunjukkan foto surat panggilan yang menimbulkan ketakutan pada para korban,” kata Rio.

Polres Bogor masih menyelidiki kasus ini, termasuk mencari tahu keterlibatan pihak lain dalam aksi YS. “Kami akan melakukan penyidikan hingga tuntas dan mencari kebenaran sejelas-jelasnya agar masyarakat Kabupaten Bogor, khususnya Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor, dapat menjalankan tugas dengan baik,” tambah Rio.

Baca Juga:  Panglima TNI Silaturahmi Ke Ponpes Buntet Cirebon

Tersangka YS memeras ASN Pemerintah Kabupaten Bogor hingga sebesar Rp700 juta. “Korban mengalami kerugian sebesar Rp700 juta dengan tiga kali penyerahan,” ungkapnya.

Baca Juga:  Polisi Usut Kebakaran Pasar Leuwiliang Bogor, Sudah Tiga Saksi Diperiksa

Peristiwa ini menimpa beberapa ASN dari Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, salah satunya adalah seorang kepala seksi berinisial YT. Uang tersebut diserahkan dalam tiga tahap sejak Januari 2023 hingga April 2024.

Baca Juga:  Dua Rumah Tetangga Firli Bahuri di Bekasi Turut Digeledah Polisi, Siapa Mereka?

Pada Januari 2023, korban menyerahkan Rp350 juta di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor. Kemudian, pada April 2024, korban kembali menyerahkan Rp50 juta di wilayah Cibinong, dan pada 3 April 2024, korban menyerahkan Rp300 juta di Rest Area Gunungputri.