Mencerdaskan Bangsa Lewat Komunitas Literasi di Purwakarta

Ade Setia Lesmana, pegiat literasi Teras Baca di Desa Kiarapedes Kecamatan Kiarapedes Kabupaten Purwakarta
Ade Setia Lesmana, pegiat literasi Teras Baca di Desa Kiarapedes Kecamatan Kiarapedes Kabupaten Purwakarta (Foto: Dok. Teras Baca)

JABARNEWS | PURWAKARTA – Sepenggal kalimat yang termaktub dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, terpatri di dalam hati seorang pemuda desa di Kabupaten Purwakarta.

Kalimat “Mencerdaskan Kehidupan Bangsa” menjadi api yang mengobarkan semangat pemuda desa itu ketika ia dan teman-temannya membentuk sebuah komunitas literasi di ujung wilayah Kabupaten Purwakarta Jawa Barat.

Makna sepenggal kalimat dalam alinea keempat pembukaan UUD 1945 itu, baginya tidak lain adalah bagaimana masyarakat di Indonesia terliterasi dalam mewujudkan cita-cita kehidupan bangsa yang cerdas.

Baca Juga:  Kadispenad Apresiasi Sasaran Tambahan TMMD ke 113 Kodim 0619 Purwakarta

Pemuda itu bernama Ade Setia Lesmana, lahir dan besar di Desa Kiarapedes, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, 29 tahun silam.

Ia merasa resah melihat anak-anak di desanya yang terlalu asyik bermain game di gadgetnya dibandingkan dengan membaca buku atau aktivitas lain yang lebih bermanfaat di waktu senggang.

Menurutnya, fenomena itu sangat beresiko bagi pengembangan karakter anak-anak. Dengan perkembangan teknologi yang begitu cepat, Ade percaya bahwa teknologi seharusnya dapat dimanfaatkan dengan lebih maksimal, tidak hanya sebatas untuk bermain game.

Baca Juga:  Perbaikan Jalan Desa Mekarjaya Purwakarta Rampung, Bupati Anne Harapkan Ini

“Perkembangan teknologi itu memang tidak bisa dihindari, malah kita jangan sampai ketinggalan. Akan tetapi minimalnya kita bisa mengurangi penggunaan gadget yang berlebihan, terutama ke hal-hal yang kurang baik terhadap perkembangan karakter anak,” kata Ade, Rabu (28/8/2024).

Atas keresahan itu dan semangatnya untuk berperan aktif dalam upaya mewujudkan cita-cita kehidupan bangsa yang cerdas, pemuda desa lulusan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Purwakarta ini membentuk sebuah komunitas literasi bernama Teras Baca.

Baca Juga:  Jumlah Pendonor Berkorang, PMI Cianjur Tutupi Kebutuhan Pakai Cara Ini

Sebagai pegiat literasi, ia ingin menumbuhkan minat baca di masyarakat terutama untuk anak-anak. Karena menurutnya, dengan membaca dapat mengembangkan karakter dan kepekaan sosial anak-anak yang lebih baik.

Sebelum Teras Baca memulai kegiatan literasi di Desa Kiarapedes Purwakarta pada tahun 2020, Ade mulai mengumpulkan buku-buku bacaan dari teman-teman dan keluarga terdekatnya.