Model Rekrutmen Terbaru Guru PPPK, Syarat PPG hingga Nasib Honorer

Pendaftaran CPNS 2023
Pendaftaran CPNS 2024 (foto: ilustrasi)

Sampai saat ini, pemerintah telah berhasil mengangkat sekitar 800 ribu guru honorer menjadi ASN PPPK, yang merupakan kebijakan besar dalam sejarah pengadaan ASN di Indonesia.

Dalam lima tahun terakhir, di bawah kepemimpinan Menteri Pendidikan Nadiem Makarim, hampir 1 juta guru honorer telah diangkat menjadi ASN PPPK dengan penghasilan yang layak.

Baca Juga:  Makan Sehat Mahal? Kata Siapa

Salah satu cerita inspiratif datang dari Deka Irawan, seorang guru di SD Negeri 84 Bengkulu. Deka, yang sebelumnya merupakan guru honorer di SMP, berjuang keras untuk meningkatkan kompetensinya.

Dengan ketekunan dan pengorbanan, Deka akhirnya berhasil lulus seleksi PPPK melalui jalur prioritas tiga (P3) dan kini menerima gaji sebesar 3,9 juta rupiah per bulan.

Baca Juga:  Ini Bedanya Fitur Unggulan Redmi 9A dan Redmi 9C, Dua Smartphone Terjangkau dari Xiaomi

Deka berharap program-program dari Kemendikbudristek seperti Merdeka Belajar terus dilanjutkan untuk membantu guru honorer lainnya.

Dirjen Nunuk yang terharu dengan cerita Deka, menyatakan bahwa peningkatan kesejahteraan dan kompetensi guru adalah fokus utama Kemendikbudristek selama lima tahun terakhir.

Baca Juga:  Pemerintah Bakal Hapus Kredit Macet UMKM, Begini Penjelasannya

Ia juga mendorong para guru PPPK untuk terus meningkatkan kemampuan mereka, salah satunya dengan mengikuti program PPG dan menjadi guru penggerak, guna membuka peluang untuk menjadi PNS di masa depan. (red)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News