Pemenang Bandung Contemporary Art Award Didominasi Seniman Perempuan

Bandung Contemporary Art Award
Perhelatan Biennale Bandung Contemporary Art Award oleh ArtSociates di Lawangwangi Creative Space, Bandung Barat, Jumat (18/10/2024). (Foto: Rian/JabarNews).

JABARNEWS | BANDUNG – Siapa yang menyangka bahwa seniman-seniman perempuan mendominasi juara kompetisi seni BaCAA tahun ini. Tiga dari lima pemenang BaCAA #8 diraih oleh seniman-seniman muda perempuan yang mengangkat isu perempuan, tubuh dan memori personal pada karyanya.

Perhelatan Biennale Bandung Contemporary Art Award masih secara konsisten digelar oleh ArtSociates di Lawangwangi Creative Space, Bandung Barat. Sebuah kompetisi seni rupa yang sudah menjadi brand mark perkembangan seni rupa kontemporer Indonesia dengan memilih seniman-seniman muda untuk mendukung karir kesenimanan mereka dengan portofolio karya seni yang lebih baik, accountable, credible, humble and progressive baik di Indonesia dan luar negeri.

Baca Juga:  Pedagang di Kota Sukabumi Diminta Jual Kebutuhan Pokok Sesuai HET

Pameran Biennale BaCAA #8 pada tahun ini menyajikan karya-karya seni para Finalist BaCAA #8 yang dipilih melalui mekanisme rekrutmen nama seniman oleh Board of Nominators. Perubahan mekanisme pemilihan Finalist BaCAA #8 ini secara signifikan memberi ruang bagi seniman muda berbakat yang tidak lagi dibatasi oleh usia senimannya. Kehadiran Board of Nominators pada BaCAA #8 ini berfungsi sebagai rekomendasi untuk selanjutnya dipilih oleh Board of Jurors untuk menentukan lima seniman terbaik dalam kompetisi BaCAA tahun ini. Board of Nominators terdiri dari pelbagai expertise seni rupa Indonesia yang berpengaruh di medan seni rupa kontemporer di Indonesia.

Baca Juga:  Rem Blong, Bus Tabrak 7 Mobil

Board of Nominators pada BaCAA #8 terdiri akademisi dan kurator seni, yaitu: Agung Hujatnika, Bob Edrian, Sudjud Dartanto dan Kun Adnyana. Dari seniman adalah Mujahidin Nurrahman dan Mella Jaarsma. Dari kolektor seni adalah Abigail Hakim dan Rudi Lazuardi. Serta dari art fair yang berpengaruh saat ini yaitu Tom Tandio dan pemilik galeri dari Yogyakarta, yaitu Oyik Eddy Prakoso.

Baca Juga:  Sejauh Ini... Sebuah Pameran Restrospektif Goenawan Mohamad di Lawangwangi Creative Space

Mujahidin Nurrahman, salah satu Board of Nominators, menjelaskan bahwa masing-masing anggota Board of Nominators memilih tiga nama seniman untuk diajukan sebagai Finalist BaCAA #8, kemudian masing-masing Nominators itu mendiskusikan karya seniman yang dipilih menjadi Finalist perihal kekaryaan sampai presentasi karyanya di pameran Biennale Bandung Contemporary Art Award #8 ini.