Perkuat Ketahanan Pangan, Pemkot Bandung Kembangkan Sorgum Jadi Energi Baru Terbarukan

Sorgum
Pemkot Bandung Kembangkan Sorgum Jadi Energi Baru Terbarukan. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung tengah mengembangkan sumber energi baru terbarukan yang diolah dari bahan dasar Sorgum menjadi bioetanol.

Pengembangan tersebut merupakan kerjasama Pemkot Bandung melalui DKPP Kota Bandung bersama Universitas Pasundan, BRIN, Bank BRI, dan sejumlah pihak lainnya.

Baca Juga:  Antisipasi Varian Omicron, Ini Berbagai Kebijakan Pengetatan yang Berlaku di Bandung

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung Gin Gin Ginanjar mengatakan, Pemkot Bandung terus mengembangkan Sorgum sebagai salah satu upaya ketahanan pangan dan energi di Kota Bandung.

“Kota Bandung ini hampir 97% pangan yang hadir di kota Bandung itu didatangkan dari luar kota Bandung. Salah satu upaya adalah dengan mengembangkan kemandirian atau ketahanan pangan dengan lahan terbatas salah satunya dengan pemanfaatan pangan lokal seperti Sorgum,” katanya pada acara Cagar Pertanian Perkebunan Perkotaan Sebagai Bentuk Ketahanan Pangan dan Energi di Seinfarm, Rabu, 18 September 2024.

Baca Juga:  Ingin Tahu Gejala Anak Depresi? Nih Ciri-cirinya...

Pemanfaatan sorgum menjadi Bioetanol, menurutnya, menjadi salah satu solusi ketahanan energi Kota Bandung. Untuk itu, dalam pengembangannya Pemkot Bandung mengajak berbagai stakeholder.

Baca Juga:  Umar Zunaidi Minta Pekerja Migran Ilegal di Tebing Tinggi Segera Diatasi